PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI 02 KARANGJAMBE KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA

Fita, Tri Setya (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI 02 KARANGJAMBE KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_BabI_BabV_DaftarPustaka.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FitaTriSetya_PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI 02 KARANGJAMBE KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan anak, termasuk dalam meningkatkan motivasi belajar anaknya pada proses belajar. Orang tua sebagai peletak dasar pendidikan bagi anak dalam keluarga yang selanjutnya akan menjadi dasar kepribadian anak di kemudian hari. Apabila anak sejak dini telah dilatih kedisiplinan, ketekunan dalam belajar maka akan berpengaruh kepada anak di masa-masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa SD Negeri 02 Karangjambe. Bentuk peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa meliputi perhatian pada proses belajar anak, pemberian pengertian tentang cita-cita, pemberian hadiah dan hukuman, dan penyediaan fasilitas belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian pengurus SD Negeri 02 Karangjambe yang merupakan mediator antara orang tua murid dengan sekolah dan 8 orang tua siswa kelas II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai orang tua dalam memotivasi belajar siswa SD Negeri 02 Karangjambe adalah peran orang tua dalam memotivasi belajar antara lain dengan memperhatikan proses belajar anak, memberikan pengertian bahwa dengan belajar cita-cita anak akan tercapai, memberikan hadiah dan hukuman, dan menyediakan fasilitas belajar. Perhatian orang tua dalam proses belajar anak yakni dengan cara mengawasi serta mendampingi anak ketika belajar. Pengertian tentang pentingnya belajar untuk mencapai cita-cita disampaikan orang tua melalui nasehat. Hadiah diberikan saat anak meraih prestasi, sedangkan hukuman diberikan saat anak malas belajar dengan cara memberikan hukuman melalui nasehat yang mendidik. Fasilitas belajar anak yang disediakan orang tua cukup memadai. Dengan peran orang tua di atas dapat menjadikan anak termotivasi dalam belajar dan memperoleh prestasi. Kata kunci: Peran, Orang Tua, Memotivasi, Belajar, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Orang Tua, Memotivasi, Belajar, Siswa.
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fita Tri Setya Sdri
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:48
Last Modified: 02 Mar 2021 02:48
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9981

Actions (login required)

View Item View Item