PENANAMAN NILAI-NILAI KEDERMAWANAN DALAM KEGIATAN ORGANISASI IPNU DI RANTING SAMPANG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP

FILMAN MAULANA, NIM. 1223301038 (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI KEDERMAWANAN DALAM KEGIATAN ORGANISASI IPNU DI RANTING SAMPANG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
FILMAN MAULANA_PENANAMAN NILAI-NILAI KEDERMAWANAN DALAM KEGIATAN ORGANISASI IPNU.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan berfokus pada penanaman nilai-nilai kedermawanan yang ada dalam kegiatan organisasi IPNU di Ranting Sampang. Adapun latar belakang masalah dari penelitian ini yakni adanya beberapa kegiatan IPNU Ranting Sampang yang berkaitan dengan akhlakul karimah khususnya sikap kedermawanan dan mendapat respon dan tanggapan yang positif dari lingkungan masyarakat setempat. Sehinga masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara penananaman nilai-nilai kedermawanan dalam kegiatan organisasi IPNU di Ranting Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (lapangan) deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran yang ada di lapangan secara jelas dan terperinci. Untuk mencari data-data yang ada di lapangan, maka dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data-data yang dibutuhkan terkumpul, maka dilakukan analisis data. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini secara umum ada dua yakni: pertama, teori tentang sikap dermawan yang meliputi pengertian sikap dermawan, dasar-dasar kedermawanan, model-model kedermawanan dan keutamaan sikap dermawan. kedua, teori tentang metode-metode dan cara penanaman sikap dermawan. Dari data hasil penelitian yang diperoleh dan dianalisis, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa hasil penelitian ini ialah adanya proses penanaman nilai-nilai kedermawanan melalui beberapa metode dan cara. Adapun metodemetode yang digunakan ialah metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, pengawasan/perhatian dan hukuman. Dari metode-metode tersebut menghasilkan cara-cara, salah satunya adalah pembiasaan mengisi kas dan infaq.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-Nilai Kedermawanan dan Organisasi IPNU
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 05 Sep 2016 04:19
Last Modified: 05 Sep 2016 04:19
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item View Item