ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PROSEDUR PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) BTM PATIKRAJA

FILDA PUTRI SENJANI, NIM. 1223203013 (2016) ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PROSEDUR PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) BTM PATIKRAJA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
FILDA PUTRI SENJANI_Analisis Pengendalian Internal terhadap Prosedur Penyaluran Pembiayaan pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BTM Patikraja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Pengendalian internal merupakan metode pengawasan yang harus dilakukan oleh manajemen dalam sebuah organisasi. Pengendalian internal juga diatur dalam Peraturan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan menengah Republik Indonesia No. 39/Per/M.KUKM/XII/2007 mengenai Pedoman Pengawasan Koperasi Jasa Keuangan Syariah dan Unit Jasa Keuangan Syariah Koperasi, karena pengendalian internal dianggap penting untuk melakukan pengawasan dalam menjalankan organisasi. Misalnya, pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BTM Patikraja juga harus menerapkan pengendalian internal. Karena dengan menerapkan pengendalian internal, merupakan salah satu cara untuk melakukan pengawasan terhadap karyawan atau pegawai KJKS BTM Patikraja terutama dalam bidang pembiayaan terkait prosedur penyaluran pembiayaan agar tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran dalam menyalurkan pembiayaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui prosedur penyaluran pembiayaan dan dapat menganalisis implementasi pengendalian internal terhadap prosedur penyaluran pembiayaan di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BTM Patikraja. Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan reduksi data, model atau display data dan kesimpulan. Penelitian yang dilakukan penulis di KJKS BTM Patikraja bahwa prosedur penyaluran pembiayaan yang dijalankan yaitu terdiri dari proses permohonan pembiayaan, survei, verifikasi pembiayaan, analisis pembiayaan, persetujuan pembiayaan, akad pembiayaan, pencairan pembiayaan, pemantauan dan pelunasan pembiayaan. Sedangkan implementasi pengendalian internal dalam penyaluran pembiayaan dimulai dari struktur organisasi, pemisahan tugas, otorisasi transaksi dan aktifitas yang memadai, praktik yang sehat, pegawai yang berkualitas, dan pemantauan terhadap kinerja pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu implementasi pengendalian internal terhadap prosedur penyaluran pembiayaan yang dijalankan oleh KJKS BTM Patikraja sudah cukup baik dan berjalan efektif serta sudah memenuhi beberapa aktifitas pengendalian internal sesuai dengan buku panduan audit pengendalian internal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal dan Prosedur penyaluran pembiayaan
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 05 Sep 2016 04:00
Last Modified: 05 Sep 2016 04:00
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item