RESILIENSI PADA KELUARGA BURUH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

NELI, RIVQIANA MAKHMUDAH (2020) RESILIENSI PADA KELUARGA BURUH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NELI RIVQIANA MAKHMUDAH_RESILIENSI PADA KELUARGA BURUH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Resiliensi pembelajaran jarak jauh merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengatasi bahkan bangkit untuk menjadi lebih baik dalam menghadapi berbagai masalah pembelajaran jarak jauh. Dalam membentuk pribadi yang resilien diperlukan beberapa faktor yang mendukung seperti I Have (dukungan sosial), I Am (kepemilikan modal) dan I Can (Kemampuan mengatasi masalah). Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang efektifnya pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan kurangnya fasilitas untuk menunjang keberlangsungan pembelajaran dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya resiliensi pada keluarga buruh dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid 19 di MI Muhammadiyah Beji kecamatan Kedungbanteng kabupaten Ba nyumas. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dan juga menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi atau pengamatan, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa para orang tua peserta didik mengupayakan berbagai cara untuk tetap bertahan dalam berbagai masalah yang dihadapi saat pelaksanaan pembelajran jarak jauh, seperti meningkatkan ekonomi keluarga dengan bekerja lebih keras, berusaha sebaik mungkin untuk selalu memantau dan mendampingi anak dalam belajar. Dukungan sosial yang diperoleh orang tua peserta didik yaitu berasal dari sekolah dan pemerintah yang berupa dukungan materi dan non materi. Dukungan materi yang didapatkan seperti kuota internet, sembako dan uang tunai, sedangkan dukungan non materi yang diberikan berupa arahan dan motivasi untuk selalu semangat belajar. Kata kunci : Resiliensi, Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Neli Rivqiana Makhmudah sdr
Date Deposited: 27 Feb 2021 07:51
Last Modified: 27 Feb 2021 07:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9956

Actions (login required)

View Item View Item