GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Dhuha Wildan, Fauzi (2021) GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DHUHA WILDAN FAUZI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses belajar peserta didik di sekolah mengandung banyak kegiatan, tidak hanya sebatas didalam kelas tetapi banyak kegiatan dari ekstrakurikuler. Subjek dari kegiatan belajar mengajar adalah guru dan peserta didik. Guru memiliki metode dan strategi mengajar untuk membantu prose belajar agar mudah dipahami, dan peserta didik memiliki gaya belajar yang membantu mereka menerima informasi yang disampaikan oleh guru. Masih banyaknya metode tradisional yang menekankan peserta didik untuk duduk diam mendengarkan materi yang disampaikan membuat peserta didik jenuh dan kurang maksimalnya proses pembelajaran. oleh karena itu perlunya guru mengetahui gaya belajar peserta didik, karena dengan guru paham gaya belajar peserta didik maka bisa disesuaikan dengan model, atau strategi belajar yang diterapkan di dalam kelas. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut rumusan masalh penelitian ini adalah bagaimana gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Kejobong Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Secara umum gaya belajar yang dipakai peserta didik terbagi menjadi 3 yaitu, (1) gaya belajar visual yakni gaya belajar yang menekankan pada indra penglihatan (2) gaya belajar auditori yakni gaya belajar yang menekankan pada indra pendengaran (3) gaya belajar kinestetik yakni gaya belajar yang menekankan pada bergerak bekerja dan menyentuh. Dari ketiga gaya tersebut setiap peserta didik memiliki satu kombinasi gaya belajar yang berbeda beda tetapi tetap memiliki gaya belajar yang paling dominan. Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, peneliti penyimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Kejobong Kabupaten Purbalingga lebih dominan kepada gaya belajar visual yang diikuti dengan auditori, kinestetik. Karena peserta didik cenderung lebih nyaman ketika melihat video, film atau gambar, membaca, berbicara atau presentasi. Bagi mereka yang memiliki gaya belajar auditori biasanya akan lebih pendiam, sedangkan yang memiliki hgaya belajar kinestetik cenderung gaduh karena berorientasi pada kegiatan fisik. Kata kunci : Gaya Belajar Peserta Didik, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Peserta Didik, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhuha WIldan Fauzi sdr
Date Deposited: 27 Feb 2021 01:53
Last Modified: 27 Feb 2021 01:53
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9931

Actions (login required)

View Item View Item