REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN BAHASA MELAYU SEBAGAI BAHASA IBU BAGI MASYARAKAT PATTANI THAILAND (Studi Kasus Pada Kelas Rendah di Bakong Pittaya School Nongjik Pattani)

DIAN UTAMI AGUSTINAH, NIM. 1223305023 (2016) REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN BAHASA MELAYU SEBAGAI BAHASA IBU BAGI MASYARAKAT PATTANI THAILAND (Studi Kasus Pada Kelas Rendah di Bakong Pittaya School Nongjik Pattani). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
DIAN TRI UTAMI_REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN BAHASA MELAYU SEBAGAI BAHASA IBU BAGI MASYARAKAT PATTA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (988kB) | Preview

Abstract

Bangsa Melayu menjadi kaum mayoritas di Pattani sekaligus sebagai kaum minoritas dinegaranya. Bangsa Melayu di Pattani berbahasa Melayu sedangkan Thailand berbangsa Siam dan menggunakan bahasa Thai. Bahasa Melayu merupakan bahasa Ibunda 5 wilayah kekuasaan kesultanan Pattani. Namun adanya program siamisasi yang menerapkan penggunaan bahasa Thai di semua jenjang pendidikan dan instansi pemerintahan. Bangsa Melayu mekhawatirkan terjadinya kemunduran berbahasa Melayu. Maka untuk menjaga keberadaannya dan mengembangkanya, bahasa Melayu mulai dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan dan juga pembelajaran di sekolah. Walaupun telah menjadi mata pelajaran tersendiri di sekolah, namun pelaksanaanya dinilai belum optimal untuk mengembangkan ketrampilan berbahasa Melayu. Untuk mendukung pelestarian dan pengembangan bahasa melayu maka perlu adanya rekonstruksi pembelajaran bahasa Melayu di kelas rendah jenjang pendidikan dasar agar dapat membekali anak dengan pondasi kemampuan berbahasa Melayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran bahasa Melayu pada kelas rendah di Bakong Pittaya School Nongjik Pattani Thailand, dan menyusun konsep rekonstruksi pembelajaran bahasa Melayu sebagai bahasa Ibu bagi Masyarakat Pattani Thailand. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research dimana peneliti terjun langsung dengan pendekatan studi kasus. Penelitian disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan menggambar proses yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah/akademik, guru dan peserta didik. Objek penelitiannya berupa pembelajaran bahasa Melayu pada kelas rendah di Bakong Pittaya School. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknis analisis data Miles and Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Melayu pada kelas rendah di Bakong Pittaya School terlaksana dengan cukup baik. Materi disesuaikan dengan silabus. Medianya masih sederhana yakni media pandang dengan menggunakan kertas atau buku. Sedangkan evaluasi dilaksanakan dengan formatif dan sumatif. Problematika yang ada terkait ketersediaan media, pemilihan strategi, metode dan jenis evaluasi serta tahapan proses pembelajaran yang belum optimal dilakukan. Maka perlu adaya rekonstruksi pembelajaran yang meliputi tahapan-tahapan proses pembelajaran bahasa Melayu mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi Pembelajaran Bahasa Melayu, Bahasa Ibu
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 05 Sep 2016 03:05
Last Modified: 05 Sep 2016 03:05
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item View Item