TELAAH POLA ASUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA

BASIROTUL KHIKMAH, NIM. 102331081 (2016) TELAAH POLA ASUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
BASIROTUL KHIKMAH_TELAAH POLA ASUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Anak usia dini memiliki karakteristik yang khas, baik secara fisik, psikis, sosial, moral dan sebagainya. Anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan gaya dan pola asuh dari orang tua, pendidik dan pengasuhnya. Pola asuh sangat mempengaruhi bagaimana kelak anak akan berperilaku dan bentuk-bentuk kepribadian anak secara keseluruhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh pendidikan anak usia dini menurut Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh pendidikan anak usia dini menurut Ki Hadjar Dewantara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan datanya dilakukakan dengan mengumpulkan dan mengkaji terhadap beberapa literature yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian yang berupa buku-buku dan jurnal. Sumber data penelitian ini dari bukubuku karya Ki Hadjar Dewantara dan buku-buku yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan content analysis, berpikir deduktif, berpikir induktif, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh data bahwa pendidikan anak usia dini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kemajuan sebuah negara/bangsa sebab merupakan faktor utama bagi terbentuknya generasi penerus bangsa yang berkualitas. Tingkat pendidikan orang tua, pendidik dan pengasuh yang baik, disiplin serta bijaksana akan menghasilkan pola asuh yang lebih baik. Ini terdorong oleh adanya suatu kebutuhan akan dorongan dan upaya untuk meningkatkan kualitas pola asuh anak agar tejadi satu keutuhan serta keharmonisan kerja di sekolah, sehingga proses dan out put pendidikan bisa maksimal. Pengaruh positif bahwa jika tingkat pendidikan orang tua semakin baik dalam mendidik maka semakin baik pula hasil pola asuh terhadap anak. Pola asuh menurut Ki Hadjar Dewantara adalah suatu cara membimbing, memimpin atau mengelola, memelihara dan mendidiknya dengan penuh perhatian dalam rangka memenuhi kebutuhan, memberikan perlindungananak dalam kehidupan sehari-hari. Pengasuhan merupakan sebuah interaksi yang terus menerus antara orang tua dengan anak. Dalam pengasuhan menerapkan lima proses, yaitu pembiasaan, belajar sambil bermain, belajar dengan cara pemberian contoh atau teladan, pengenalan prinsip norma agama, dan memberikan motivasi dan membangkitkan kemampuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Pengasuhan, Pendidikan Anak Usia Dini, Ki Hadjar Dewantara.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 05 Sep 2016 02:58
Last Modified: 05 Sep 2016 02:58
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item