Analisis Pembelian Rumah Tunai dan Kredit (Studi Kasus Pada Perumahan Mutiara Hijau Tambaksogra PT. Graha Perwira Pratama,Kec. Kembaran, Kab. Banyumas, Periode 2013/2014)

Sinta Wahyuni, 1123205034 (2016) Analisis Pembelian Rumah Tunai dan Kredit (Studi Kasus Pada Perumahan Mutiara Hijau Tambaksogra PT. Graha Perwira Pratama,Kec. Kembaran, Kab. Banyumas, Periode 2013/2014). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Sinta Wahyuni_1123205034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, BabI, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Developer mendirikan suatu perumahan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat yang belum mempunyai tempat tinggal agar mendapat hunian rumah yang nyaman. Kesempatan masyarakat untuk memiliki tempat tinggal, kini semakin dipermudah dengan adanya penggunaan dua sistem pembelian, pertama sistem pembelian tunai yang artinya pembayaran dilakukan satu kali pada saat proses pembelian berlangsung, kedua adalah sistem pembelian kredit yaitu proses pembelian yang pembayaranya lebih dari satu kali. Dalam proses pembelian rumah di PT. Graha Perwira Pratama cabang Perumahan Mutiara Hijau berlokasi di Desa Tambaksogra Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Telah menerapkan pembelian rumah secara kredit dan tunai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelian tunai dan kredit di PT. Graha Perwira Pratama lokasi Perumahan Mutiara Hijau Tambaksogra Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa dalam proses pembelian perumahan Mutiara Hijau Tambaksogra Pada PT. Graha Perwira Pratama ada dua yaitu kredit dan tunai, pembelian rumah secara tunai yang diterapkan PT. Graha Perwira Pratama cabang Perumahan Mutiara Hijau Tambaksogra Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas, ada dua cara yaitu:tunai keras dan bertahap, sedangkan secara kredit dalam penerapan pembayaran dengan kredit di perumahan mutiara hijau Tambaksogra melibatkan pihak bank melalui program kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pada metode KPR, bank yang membayar pelunasan rumah kepada pengembang. Perbandingannya Pembelian rumah secara tunai uang booking fee terasa ringan karena bisa diangsur. Uang muka pembelian tunai bertahap lebih rendah. Penyerahan kunci rumah bisa dilakukan pada hari akad itu berlangsung, harga lebih murah, kerjasama dengan seluruh bank, Uang muka bisa dinegosiasikan dengan pihak developer. Kata - Kata Kunci: Analisis, Pembelian Rumah, Kredit dan Tunai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 02 Jun 2016 05:25
Last Modified: 02 Jun 2016 05:25
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item View Item