ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN GULA KRISTAL DALAM ASPEK PRODUKSI (Studi Kasus Pada Kelompok Petani Gula Kristal Nira Sejati Panusupan, Cilongok, Banyumas)

Yoga, Bagus Tiarso (2016) ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN GULA KRISTAL DALAM ASPEK PRODUKSI (Studi Kasus Pada Kelompok Petani Gula Kristal Nira Sejati Panusupan, Cilongok, Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (958kB) | Preview
[img] Text
YOGA BAGUS TIARSO__ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN GULA KRISTAL DALAM ASPEK PRODUKSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Aspek produksi dan Aspek pemasaran adalah hal yang sangat penting dalam sebuah kegiatan usaha yang beroientasi pada perdagangan suatu produk. Namun demikian masalah-masalah sering sekali muncul dalam aspek produksi. Seperti halnya yang terjadi pada usaha pengolahan gula kristal di kelompok petani gula kristal Nira Sejati masalah produksi menajadi masalah pokok mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti usaha pengolahan gula kristal dalam aspek produksi serta meneliti usaha pengolahan gula kristal dalam aspek produksi persepektif ekonomi islam guna mengembangkan UMKM gula kelapa dan memaksimalkan pendapatan para perajin agar dapat terus berproduksi dan dapat mencukupi baik kebutuhan produksi maupun kebutuhan pribadi. Sehingga kegiatan menderes dan mengolah gula tidak punah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dengan metode kualitatif yang dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Sumber data diperoleh langsung dari subyek penelitian, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh. Berdasakan hasil penelitian diketahui bahwa Dalam analisis aspek poduksi usaha pengolahan gula krisral di kelompok petani gula kristal Nira Sejati sudah menerapkan aspek-aspek produksi dengan benar dan sesuai dengan teori-teori yang ada salah satunya adalah dalam menentukan lokasi usaha dengan menggunakan pendekatan raw material approximity approach yaitu pendekatan berdasarkan kedekatan dengan sumber bahan baku. Bukan hanya itu sertifikasi organik pada produk gula kristal yang dihasilkan oleh kelompok petani gula kristal Nira Sejati juga menjadi nilai tambah dalam aspek produksi. Sedangkan analisis ekonomi islam dalam aspek produksi gula kristal adalah dalam produksinya mereka sudah melakukan prinsip-prinsip ekonomi islam yaitu lebih mengedepankan kemashlahatan dari pada keuntungan semata. Hal itu dibuktikan ketika mereka memproduksi gula mereka lebih memilih menggunakan bahan organik dari pada pengawet berbahaya dan mereka juga sangat mengedepankan kebersihan dan sterilisasi dalam produksi. Hal itu sejalan dengan tujuan produksi dalam ekonomi islam yaitu menciptakan barang atau jasa yang menyehatkan, halal dan bermanfaat bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis kelayakan usaha, Bisnis Gula
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 05 Sep 2016 00:58
Last Modified: 05 Sep 2016 00:58
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item