PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNINGDALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP Ya BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Farida Nur, NIM: 1223302014 (2016) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNINGDALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP Ya BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
FARIDA NUR_PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP Ya BAKII 1 KE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi pembelajaran mempunyai peran yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajarsalah satu strategi yang bisa digunakan agar siswa tidak lagi bosan dalam belajar adalah dengan menggunakan strategi active learning. Strategi activelearning mempunyai peranan yang penting untuk mencapai tujuan dalam kegiatan pembelajaran, karena pada dasarnya strategi active learning merupakan sebuah pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif, sehingga proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan, tidak menjadi hal yang membosankan bagi siswa. Karena tanpa adanya strategi maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik. Penggunaan strategi yang tepatlah yang akan dapat mempercepat proses pencapaian tujuan dari suatu pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap. Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Data penelitian didapatkan melalui observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif, (Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai penerapan strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap. Diantara strategi active learningyang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab adalah strategi card sort, index card match, reading guide, reconnecting, the power of two, dan jigsaw. Adapun alasan guru menggunakan strategi active learning karena bisa membuat siswa aktif, semangat, senang, tidak monoton dan tidak membosankan. Selain itu juga agar siswa tidak lupa dengan pelajaran yang telah diajarkan seperti mufrodat dan pelajaran yang lainnya yang telah mereka pelajari dan hafalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi active learning, dan pembelajaran Bahasa arab.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 05 Sep 2016 00:54
Last Modified: 05 Sep 2016 00:54
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/980

Actions (login required)

View Item View Item