EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENGGUNAKAN DUA BAHASA YANG BERBEDA DI DESA MARUYUNGSARI KECAMATAN PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN

Bayu Eriga, NIM : 1123102016 (2016) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENGGUNAKAN DUA BAHASA YANG BERBEDA DI DESA MARUYUNGSARI KECAMATAN PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
BAYU ERIGA_EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bahasa sebagai simbol atau lambang komunikasi yang dalam praktek dan kenyataannya terkadang ditafsirkan dengan beragam makna yang memungkinkan terjadinya kesalahan komunikasi (miss communication). Namun, kesalahan komunikasi tidak akan terjadi apabila makna pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan dapat dimengerti secara substansial oleh kawan bicaranya. Hal tersebut yang kemudian melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian dengan fokus tema yakni: Efektivitas Komunikasi Interpersonal Menggunakan Dua Bahasa yang Berbeda di Desa Maruyungsari, Padaherang, Pangandaran. Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas komunikasi interpersonal yang terjadi antara dua orang dimana orang-orang yang melakukan interaksi tersebut memiliki budaya dan bahasa yang berbeda (Jawa dan Sunda), namun mereka dapat saling memahami dan memberikan umpan balik yang sesuai satu sama lain. Untuk menjawab masalah penelitian itu, maka metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus digunakan dalam studi lapangan ini. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek peneliti dengan cara deskriptif dalam kata-kata atau kalimat.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan diperoleh hasil bahwa efektivitas komunikasi interpersonal dengan menggunakan dua bahasa yang berbeda dapat terjadi apabila seseorang memiliki sifat karakteristik efektivitas komunikasi interpersonal baik secara humanistik maupun pragmatis, yakni: keterbukaan, empati, perilaku suportif, sikap yakin, kebersamaan, manajemen interaksi, perilaku ekspresif dan orientasi kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Komunikasi interpersonal, Bahasa Jawa Sunda
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 05 Sep 2016 00:30
Last Modified: 05 Sep 2016 00:30
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item