EVALUASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG PURBALINGGA

NENDRIANI, NIM. 102338004 (2016) EVALUASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NENDRIANI_EVALUASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Evaluasipembelajaran Aqidah Akhlak merupakan suatu hal yang dilakukan untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik dalam menyerap materipembelajaran Aqidah Akhlak dalam aspek kognitif, sertaperubahanpeserta didik terhadap afektif dan psikomotornya. Atas dasar inilah penulis melakukan penelitian lapangan untuk mengetahui Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MI Muhammadiyah Kaligondang Purbalingga. Penelitiantentang Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MI MuhammadiyahKaligondang Purbalingga fokus penelitiannya adalah: “BagaimanaEvaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MI MuhammadiyahKaligondang Purbalingga, yang terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, danpengolahan hasil evaluasi”. Jenispenelitian yang digunakanadalahjenispenelitianlapangan, penelitianmenggunakanmetodekualitatif. Sedangkan metode penelitiannya adalah studi kasus. Untuk mendapatkan data denganjelaspenulis menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan dalam menganalisis data penulis melakukan beberapa langkah yaitu: Mengorganisasikan data mentah, Pengkodean dan penelaahan data, Mereduksi data, Menyusun abstraksi, Membandingkan temuan dengan teori, Mengecek keabsahan data yang selanjutnya menyusun laporan hasil penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwasecara umum Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI MuhammadiyahKaligondang Purbalingga sudah dilakukan dengan memperhatikanprinsip-prinsip, tujuan, dan prosedur evaluasi baik untuk yang menggunakan KTSP maupun yang menggunakan Kurikulum 2013. Pengolahan hasil evaluasi dilakukan dengan baik yaitu dengan menganalisis data dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil dari evaluasi yang telah direncanakan dan dilaksanakan telah menunjukkan hasil yang baik. Informasi dari hasil evaluasi yang telah dilaksanakan digunakan untuk menentukan tindak lanjut seperti program perbaikan dan pengulangan bagi peserta didik yang belum mencapai nilai KKM serta untuk memperbaiki strategi pembelajaran bagi pendidik. Evaluasi yang dilaksanakan meliputi Evaluasi ranah kognitif, Afektif, dan Psikomotor. Adapun evaluasi tersebut dilakukan dalam bebrapa tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan hasil evaluasi, dan Tindak Lanjut Hasil Evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 02 Sep 2016 08:05
Last Modified: 02 Sep 2016 08:05
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item