PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MTs MA’ARIF NU 07 SELAKAMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

Rizki, Nursabandi (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MTs MA’ARIF NU 07 SELAKAMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RIZKI NURSABANDI_PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media dalam proses belajar mengajar menjadi bekal yang harus dimiliki oleh seorang guru, sehingga dalam pembelajaran di kelas siswa akan lebih senang mengikuti pembelajaran khususnya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang membahas peristiwa pada masa lampau. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Ma’arif NU 07 Selakambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Ma’arif NU 07 Selakambang Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII C, VIII A, dan IX C MTs Ma’arif NU 07 Selakambang Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi pearson, uji regresi dan uji independent T test . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dalam penelitian ini, besar R Square menunjukan besar pengaruh dari Variabel X terhadap variabel Y, yaitu sebesar 0,762. Dan diperoleh nilai koefisen determinasi (R Square) sebesar 0,580 atau 58,0 %, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X (Penggunaan Media Audio Visual) terhadap variabel Y (Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam) adalah sebesar 58,0% dan 42,0% dipengaruhi oleh faktor yang tidak di teliti pada penelitian ini. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y= 8,837+ 0,906X, yang mengandung arti bahwa penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Ma’arif NU 07 Selakambang sebesar 0,906 kali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual, Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.9 Peta Sejarah Islam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Nursabandi sdr
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:53
Last Modified: 24 Feb 2021 06:53
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9703

Actions (login required)

View Item View Item