ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MODEL UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI KELAS X DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 20182019

Farhan, Nur Iman (2021) ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MODEL UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI KELAS X DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 20182019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FARHAN NUR IMAN_ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MODEL UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI KELAS X DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku ajar sebagai sumber belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Seiring dengan pergantian Kurikulum pendidikan, maka buku ajar yang dijadikan sebagai acuan juga ikut berubah. Buku ajar sebagai buku acuan wajib yang digunakan di satuan pendidikan menengah atas telas disusun secara sistematis berdasarkan kurikulum tertentu yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, orientasi pembelajaran serta tahapan perkembangan peserta didik pada setiap satuan tingkatan pendidikan yang berbeda-beda, maka ketepatan dalam pemilihan penggunaan buku ajar pelajaran yang sesuai perkembangan peserta didik sangatlah penting. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam implementasi pembelajaran Kurikulum 2013 yang terdapat dalam buku ajar pegangan guru dan siswa. Buku ajar yang dianalisis adalan buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti model Unit Kegiatan Belajar Mandiri kelas X di SMA Negeri 3 Purwokerto tahun pelajaran 2018/2019 yang disusun oleh guru pengampu mata pelajaran tersebut dengan persetujuan kepala sekolah dan waka kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan/library research dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari sumber primer yaitu buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti model Unit Kegiatan Belajar Mandiri kelas X di SMA Negeri 3 Purwokerto tahun pelajaran 2018/2019, sedangkan untuk data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa buku, jurnal, ensiklopedia dan internet yang sekiranya memperkuat data penelitian. Teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Untuk selanjutnya data di analisis dengan menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti model Unit Kegiatan Belajar Mandiri kelas X di SMA Negeri 3 Purwokerto tahun pelajaran 2018/2019 secara substansi disetiap bab sudah menerapkan aktivitas pendekatan saintifik dalam pembelajarannya. Aktivitas mengamati diarahkan untuk mengamati objek gambar dan objek asli, aktivitas menanya ditujukan untuk menjawab pertanyaan yang tersedia, aktivitas mengumpulkan informasi sebagai oetunjuk untuk mencari materi yang berkaitan melalui berbagai sumber, aktivitas menalar mengarahkan untuk mengaitkan hasil pengamatan dengan konsep, dan mengkomunikasikan mengarahkan untuk menyusun dan melaporkan hasil pekerjaan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Namun, penerapan pendekatan saintifik disetiap bab tidak selalu ada dan berurutan, hal ini didasari penempatannya sesuai materi dan situasi dalam proses pembelajaran. aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik perlu diarahkan untuk mengembangkan materi bukan hanya sekedar menguasai materi yang ada di buku saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti Model UKBM kelas X di SMA Negeri 3 Purwokerto, Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farhan Nur Iman sdr
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:11
Last Modified: 24 Feb 2021 04:11
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9682

Actions (login required)

View Item View Item