PENANGGULANGAN JUVENILE DELINQUENCY MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 PURWOJATI PADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Wakhidaturrohmah, NIM. 1 223301174 (2016) PENANGGULANGAN JUVENILE DELINQUENCY MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 PURWOJATI PADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
WAKHIDATURROHMAH_PENANGGULANGAN JUVENILE DELINQUENCY MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 .PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah kenakalan remaja sangat meresahkan orang tua, masyarakat bahkan Negara. Menggingat apa yang dilakukan oleh remaja saat ini dapat merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah penangulangan juvenile delinquency atau kenakalan remaja melalui Pendidikan Agama Islam yang di lakukan di SMK N 1 Purwojati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa proses penanggulangan juvenile delinquency melalui Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh SMK N 1 Purwojati. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu contoh atau bahan pertimbangan guru maupun pihak sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang tediri dari Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMK N 1 Purwojati dalam menanggulangi juvenile delinquency atau kenakalan remaja adalah dengan melalui melalui Pendidikan Agama Islam yaitu metode yang digunakan dalam menanggulangi kenakalan remaja sesuai dengan pendidikan agama Islam seperti metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode motivasi dan metode hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanggulangan, Juvenile Delinquency, Pendidikan Agama Islam, SMK N 1 Purwojati
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 01 Sep 2016 00:16
Last Modified: 01 Sep 2016 00:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item