PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT.COCA COLA AMATIL KANTOR PENJUALAN KEBUMEN

Khusni Nurafiah, NIM. 1223205017 (2016) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT.COCA COLA AMATIL KANTOR PENJUALAN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
KHUSNI NURAFIAH_PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. COCA-COLA AMATIL .PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Saluran distribusi merupakan struktur unit organisasi perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri atas agen dealer, pedagang besar dan pengecer yang dilalui sebuah produk untuk sampai ke Konsumen akhir.Menurut Corey saluran distribusi adalah sumber daya eksternal yang utama sistem ini sama penting dengan sumber daya internal lainnya seperti produk, riset, rekayasa dan personil penjualan serta fasilitas lapangan. Banyak perusahaan yang tidak mencapai laba optimal dikarenakan strategi saluran distribusi yang kurang tepat.Berdasarkan pemikiran tersebut Penulis melakukan penelitian pada PT. Coca Cola Amatil Kantor penjualan Kebumen yang berlokasi di Desa Kedawung No. 152A Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran distribusi yang digunakan, kendala yang dihadapi dan pengaruh saluran disribusi terhadap volume penjualan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode analisis kuantitatif.PT. Coca Cola Amatil KP.Kebumen menerapkan saluran distribusi tidak langsung yaitu saluran distribusi melalui Retailer, saluran distribusi melalui wholesaler dan saluran distribusi melalui Sales Patner.Untuk mengetahui besarnya korelasi masing-masing saluran distribusi terhadap volume penjualan dengan perhitungan korelasi Pearson(r). Dari hasil perhitungan korelasi untuk saluran distribusi Retailer -0,642 signifikan 0.024 dan saluran distribusi Wholesaler -0.682 signifikan 0.023 artinya terdapat hubungan yang bernilai negatif. koefisien determinasi untuk saluran distribusi Retailer sebesar 0.412 atau 41.2 % dan untuk saluran distribusi Wholesaler 0.42 atau 42 %. Untuk saluran distribusi Sales Patner korelasinya terhadap volume penjualan sebesar 0.611 atau 61,1% dengan signifikansi 0.35. Koefisien determinasi saluran distribusi Sales Patnersebesar 0.373 atau 37.3% saluran distribusi melalui Sales patner mempengaruhi sebesar 37.3 %. Berdasarkan hasil penelitian saluran distribusi Sales Patner paling berpengaruh positif terhadap volume penjualan.Sedangkan kendala yang dihadapi adalah keterlambatan pembayaran dari penyalur, stok barang yang kosong dan kerusakan armada pengiriman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Saluran distribusi, Volume penjualan, PT. Coca Cola Amatil
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.2 Manajemen Pabrik
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 31 Aug 2016 06:24
Last Modified: 31 Aug 2016 06:24
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item