TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN PERAN SUAMI DARI PUBLIK KE DOMESTIK SUAMI PADA KELUARGA (Studi di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap)

Annisa Wakhidatul Azizah, NIM. 1223201030 (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN PERAN SUAMI DARI PUBLIK KE DOMESTIK SUAMI PADA KELUARGA (Studi di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
ANISA WAKHIDATUL AZIZAH_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul dari kenyataan bahwa semakin berkembangnya pendidikan dan teknologi serta terbukanya untuk bekerja bagi ibu rumah tangga di masa kini. Fenomena ini nyaris membudaya diseluruh aspek lapisan masyarakat. Namun, tidak tertutup kemungkinan bahwa dalam keadaan tertentu, isteri mengambil alih peran suami dalam bidang ekonomi. Berhubung adanya kenyataan tersebut di desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Peneliti mengangkat judul ini, alasannya agar peneleliti bisa mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perubahan peran domestik suami pada keluarga (di Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap) dan juga di desa Cilibang ini terdapat perubahan peran domestik menjadi publik, sedangkan publik menjadi domestik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (filed research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah suami yang telah ditinggal isteri atau sedang ditinggal isteri ke luar negeri. Objek penelitian adalah perubahan peran domestik suami pada keluarga di Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dapat diambil kesimpulan bahwa bahwa tinjauan hukum Islam terhadap perubahan peran suami dari publik ke domestik itu boleh karena suami yang ada di Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap ini memang sedang mengalami kesusahan dan dalam keadaan kritis harta dan suami tersebut sudah menyatakan dengan terus terang atas ketidakmampuannya dan mengizinkan isterinya untuk bekerja ke luar negeri, jadi isteri sudah tidak termasuk nusyuz. Mengingat bahwa tujuan isteri bekerja untuk membantu ekonomi keluarga, jadi kontribusi wanita tersebut merupakan nilai tambahan bagi amal ibadahnya. Selain itu, Islam juga tidak pernah mewajibkan perempuan hanya berdiam diri di rumah dan hanya berkutat dengan pekerjaan domestik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perubahan, peran domestik, keluarga
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.36 Hak dan Kewajiban Suami-Istri (Nafaqoh)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:08
Last Modified: 31 Aug 2016 04:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item