KONTRIBUSI SAYYID ABDUL QODIR MAULACHAILAH DALAM DAKWAH ISLAM DI DESA SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

RIANDINI NUR TRIAVIANI, NIM. 1223103007 (2016) KONTRIBUSI SAYYID ABDUL QODIR MAULACHAILAH DALAM DAKWAH ISLAM DI DESA SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
RIANDINI NUR TRIAVIANI_KONTRIBUSI SAYYID ABDUL QODIR MAULACHAILAH DALAM DAKWAH ISLAM DI DESA SOK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya umat manusia menginginkan perubahan dalam hidupnya. Baik secara individual maupun kolektif. Ajaran Islam memberikan konsep yang jelas untuk mencapainya. Yakni perubahan menuju kehidupan yang lebih baik dari hari ini. Kondisi ke arah itu hanya dapat dilakukan melalui penataan dakwah dengan sebaik-baiknya. Untuk meraih terwujudnya cita-cita perjuangan dakwah, kontribusi penjuru dakwah menjadi kunci utamanya. Pada hakekatnya seseorang memberikan kontribusinya dalam dakwah sekuat kemampuannya, karena semuanya itu akan memberi dampak positif bagi kehidupan diri dan masyarakatnya. Pemberian yang ikhlas, hanya semata-mata mengharap rahmat serta balasan dari Allah SWT semata, menjadi syarat yang mutlak bagi pemberian dakwah. Sayyid Abdul Qodir Maulachailah merupakan seorang yang melanggengkan dakwahnya karena mengikuti nenek moyangnya sampai Rasulullah SAW. Beliau telah banyak memberikan kontribusi kepada para jamaah dan masyarakat di Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dalam penelitiannya penulis menganalisis terhadap data-data yang ada, selanjutnya dideskripsikan dengan kalimat dan disimpulkan. Data tersebut berasal dari dokumentasi, wawancara dan observasi, yang selanjutnya data tersebut disesuaikan sesuai bidangnya kemudian dipertemukan dengan teori yang ada dan akhirnya ditarik suatu kesimpulan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Sayyid Abdul Qodir Maulachailah sebagai ulama di Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian ini adalah 1. Kontribusi Sayyid Abdul Qodir Maulachailah dalam Dakwah Islam di Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas sangat banyak, karena seluruh potensi yang dimiliki dapat disumbangkan untuk dakwah. Untuk memudahkan kita memahami kontribusi yang diberikan Sayyid Abdul Qodir Maulachailah dalam dakwah Islam, macam-macam kontribusi dakwah diklasifikasikan sebagai berikut : Kontribusi Pemikiran, Kontribusi Jiwa, Kontribusi Ilmu, dan Kontribusi Waktu. 2. Sayyid Abdul Qodir Maulachailah dalam mengatasi tantangan dan hambatan dalam kegiatan dakwah Islam di Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas, untuk tantangannya yaitu permasalahan Membendung Paham Wahabbi dan Memberantas Kemungkaran. Sedangkan untuk hambatannya yaitu Adanya Perpecahan Antar Gerakan Islam, Munculnya faksi-faksi dalam satu jama’ah dan hilangnya teladan baik dari para pemimpin gerakan dakwah, dan Keistiqamahan Para Jamaah termasuk juga Tim Hadroh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Dakwah Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.21 Fungsionaris Dakwah : Wali, Ulama, Muballig, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:00
Last Modified: 31 Aug 2016 04:00
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item