PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB PADA TRADISI PERNIKAHAN ADAT JAWA DI KELURAHAN PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Iis Mujianti, NIM: 1223301065 (2016) PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB PADA TRADISI PERNIKAHAN ADAT JAWA DI KELURAHAN PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penanaman nilai tanggung jawab pada tradisi pernikahan adat Jawa merupakan usaha menanamkan nilai tanggung jawab supaya dijadikan sebagai landaan dalam berumah tangga yang dilakukan melalui ritual-ritual dalam tradisi pernikahan adat Jawa. penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena dalam masyarakat, dimana tradisi yang sangat sering dilakukan tetapi tidak diketahui pesan yang terkandung di dalamnya. Banyak pasangan pengantin menggunakan adat Jawa sebagai acara pernikahan mereka, akan tetapi hal itu tidaklah begitu berarti bagi mereka. Jenispenelitian yang digunakan adalah field research yang bersifat kualitatif. Dalam penelitian yang penulis lakukan subyek penelitian adalah tokoh agama Kelurahan Pasir Kidul, yaitu Ustadz Manafi, Sos.I, dukun penganten di Kelurahan Pasir Kidul, pranata acara, dan ketua HARPI Banyumas serta pasangan suami istri yang menggunakan adat Jawa sebagai tradisi yang digunakan dalam pelaksanaan pernikahan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, obsrvasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasildaripenelitian ini menunjukan bahwa ritual-ritual dalam tradisi pernikahan adat Jawa memiliki makna filosofi yang sangat penting dan memiliki manfaat tersendiri bagi pengantin yang meggunakan adat Jawa sebagai seremonial pernikahan mereka. Nilai tanggung jawab yang terdapat pada tradisi pernikahan adat Jawa terdapat pada ritual ijab Qobul, wiji dadi, kacar-kucur, dhulangklimah, dan sungkeman .Akan tetapi nilai-nilai tersebut belum dapat ditanamkan secaramaksimal melalui tradisi pernikahan adat Jawa disebabkan kurang perhatiannya mereka terhadap ritual yang mereka lakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: adat jawa, nilai disiplin, tradisi pernikahan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 179 Other ethical norms
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.11 Sistem
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 30 Aug 2016 08:37
Last Modified: 30 Aug 2016 08:37
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item