APLIKASI PELAYANAN PRIMA PADA PERUSAHAAN JASA TRANSPORTASI BGS TRANS DESA KARANGGAYAM KECAMATAN LUMBIR DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Emilia Wayah Saputri, 1123205022 (2016) APLIKASI PELAYANAN PRIMA PADA PERUSAHAAN JASA TRANSPORTASI BGS TRANS DESA KARANGGAYAM KECAMATAN LUMBIR DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Emilia Wayah S_1123205022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan masyarakat di era modern ini semakin banyak dan bermacam-macam, dan konsumen dalam melakukan kegiatan konsumsi sangat memperhatikan kualitas suatu barang atau jasa. Sehingga membuat perusahaan terus membuat strategi atau program untuk menjadikan perusahaannya terus berkembang dan tidak mudah tersaingi. Untuk itu perusahaan jasa, seperti BGS Trans yang bergerak di bidang jasa transportasi atau angkutan darat selalu mengupayakan kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam menerima pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu membuat Standard Operational Procedure yang mengedepankan dan memenuhi kebutuhan, kenyamanan, dan keamanan konsumen, dan melaksanakan S.O.P. tersebut dengan baik. Untuk itu diperlukan evaluasi setiap waktu agar dapat menilai sejauh mana kualitas pelayanan perusahaan. Pelayanan prima atau jasa dapat dikatakan berkualitas jika memenuhi lima dimensi mutu jasa yaitu, Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya tanggap), Assurance (Jaminan Keamanan), Empathy (Kepedulian), dan Tangibles (Fisik). Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Perusahan jasa transportasi BGS Trans Desa Karanggayam Kecamatan Lumbir ini melaksanakan Standard Operational Procedure Pelayanan dengan baik. Pelayanan yang dilakukan sesuai dengan ajaran agama Islam yang memuat nilai-nilai kebaikan. Hal tersebut termuat di dalam ayat Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 86 dan surat Ali Imran ayat 159, yaitu tentang perintah untuk memberikan penghormatan yang terbaik kepada orang lain, dalam hal ini perusahaan harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan konsumen. Dan tertera dalam QS. Al-Baqarah ayat 267 yang menjelaskan tentang perintah memberikan sesuatu yang terbaik kepada orang lain, dalam hal ini perusahaan harus mampu memberikan fasilitas yang terbaik sesuai dengan kebutuhan, harapan, dan keinginan konsumen. Kata Kunci: Pelayanan Prima, Standard Operational Procedur, Perusahaan Jasa Transportasi BGS Trans

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 02 Jun 2016 05:36
Last Modified: 02 Jun 2016 05:36
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item