Manajemen Modern Biro Al-Ma'wa NU Tour &Travel Dalam Menarik Jamaah di Kabupaten Cilacap

Dike Safira, Megawati (2021) Manajemen Modern Biro Al-Ma'wa NU Tour &Travel Dalam Menarik Jamaah di Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIKE SAFIRA MEGAWATI_MANAJEMEN MODERN BIRO AL- MA’WA NU TOUR & TRAVEL DALAM MENARIK JAMAAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perjalanan ibadah haji dan umroh merupakan perjalanan yang suci. Di Indonesia ibadah haji diselenggarakan oleh pemerintah sedangkan ibadah umroh dan haji plus diselenggarakan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Umroh (PPIU) yang tertuang dalam UU Nomor 08 Tahun 2019 pasal 90. Upaya untuk meningkatkan pelayanan Kementrian Agama membangun sebuah terobosan baru menggunakan manajemen modern yaitu SISKOPATUH yang terjaring secara online dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan perjalanan ibadah umroh dimana sistem ini diperuntukkan PPIU yang sudah berijin. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian secara mendalam mengenai manajemen modern Biro Al-Ma’wa NU Tour & Travel Kabupaten Cilacap yang sudah menggunakan sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen modern Biro Al-Ma’wa NU dalam menarik jamaah di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di Biro Al-Ma’wa NU Kabupaten Cilacap. Data dalam penetilian berupa data kualitatif yang berupa data primer dan data sekunder. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen modern yang digunakan oleh Biro Al-Ma’wa NU sejauh ini sangat memudahkan bagi divisi administrasi dalam melayani pendaftaran kepada masyarakat untuk mendaftar umroh, karena SISKOPATUH berfungsi dengan tepat untuk keperluan mendaftar, menginformasikan bagi calon jamaah umroh serta memberikan pelayanan prima untuk menarik jamaah umroh yang meliputi mengurus dokumen-dokumen untukpembuatan paspor dan visa, membuat paket umroh yang sudah meliputi berbagai macam fasilitas seperti hotel, muthowif, pembimbing yang sudah bersertifikasi, dsb. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan penipuan dari biro-biro nakal yang tidak berijin. Kata Kunci : SISKOPATUH, Manajemen Modern, Menarik, Al-Ma’wa NU Tour & Travel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SISKOPATUH, Manajemen Modern, Menarik, Al-Ma’wa NU Tour & Travel
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.382 Administrasi dan Manajemen
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Dike Safira Megawati
Date Deposited: 13 Feb 2021 23:40
Last Modified: 13 Feb 2021 23:40
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9360

Actions (login required)

View Item View Item