PEMBINAAN AKHLAK REMAJA (Studi Kasus Pada Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Pimpinan Anak Cabang Bukateja Kabupaten Purbalingga )

Asyifah Nur Hidayanti, 122301192 (2016) PEMBINAAN AKHLAK REMAJA (Studi Kasus Pada Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Pimpinan Anak Cabang Bukateja Kabupaten Purbalingga ). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
ASYIFAH NUR HIDAYANTI_PEMBINAAN AKHLAK REMAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Era globalisasi saat ini telah didominasi oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi ini memberikan dampak negatif dan positif. Bila dilihat dari sisi positifnya, perkembangan teknologi ini dapat menambah wawasan masyarakat terutama dikalangan remaja dan dari segi negatifnya yaitu menurunnya nilai moral dikalangan remaja karena kurangnya pengawasan dari orang tua. Tawuran antar pelajar, pembunuhan, tindakan asusila, hingga korupsi, kolusi dan nepotisme yang seakan marak terjadi akhir-akhir ini, hal ini terjadi pada sebagian masyarakat karena kurangnya pendidikan akhlak pada mereka. akhlak merupakan faktor utama yang harus ditanamkan dalam jiwa seseorang sebagai benteng pertahanan dari perbuatan yang melanggar norma-norma agama, memberikan gagasan dalam rangka menjadikan insan mulia pada diri seseorang, memiliki akhlak mulia, sopan santun dalam kesehariannya. Hal ini yang terjadi pada organisasi IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang Bukateja kabupaten Purbalingga yang peneliti lakukan. Bahwasannya pembinaan akhlak remaja bertujuan untuk menjadikan remaja menjadi remaja yang berakhlak mulia dan berperilaku sopan santun dalam bergaul. Hal ini menegaskan penulis untuk meneliti lebih lanjut bagaimana proses Pembinaan Akhlak Remaja dalam Organisasi IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang Bukateja kabupaten Purbalingga? Dalam mengkaji skripsi ini, peneliti melakukan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Dari hasil penelitian ini, menunjukan bahwa Pembinaan Akhlak Remaja(Studi Kasus Pada Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Pimpinan Anak Cabang Bukateja Kabupaten Purbalingga)dengan tujuan menjadikan remaja menjadi remaja yang berakhlak mulia, berperilaku sopan dan bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di organisasi IPNU-IPPNU Pimpinana Anak Cabang Bukateja, dan memiliki beberapa metode seperti meode ceramah, tanya jawab, halaqah, diskusi, eksperimen dan juga ada metode karyawisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak Remaja, Organisasi IPNU-IPPNU
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.5 Psychology of Young People
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:08
Last Modified: 29 Aug 2016 08:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item