NILAI-NILAI AKHLAK DALAM BERBUSANA MUSLIM PADA PESERTA DIDIK DI SDN KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Nur Afifah, 1223301123 (2016) NILAI-NILAI AKHLAK DALAM BERBUSANA MUSLIM PADA PESERTA DIDIK DI SDN KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL _NUR AFIFAH _11223301123.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Akhlak merupakan sifat yang sudah tertanam kuat dalam jiwa dan dengannya seseorang dapat menilai perbuatannya baik atau buruk sehingga seseorang dapat memilih untuk menjalani atau meninggalkannya. Adapun busana muslim merupakan busana yang sesuai dengan ajaran Islam, yaitu menutup aurat dan sebagai simbol ketaatan dan kepatuhan seorang makhluk atas aturan yang sudah ditetapkan. Menutup aurat wajib hukumnya bagi semua umat Islam baik perempuan maupun laki-laki. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh mulai merosotnya akhlak generasi penerus saat ini yang jauh dari nilai-nilai akhlak yang baik. Adapun SDN Karangnangka menerapkan aturan berbusana muslim pada peserta didiknya, yang mana dalam berbusana muslim terdapat nilai-nilai akhlak. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam berbusana muslim pada peserta didik di SDN Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas? Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang nilai -nilai akhlak yang ada dalam berbusana musim peserta didik SDN Karangnangka. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung tentang situasi yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti yaitu penerapan nilai-nilai akhlak yang ada dalam berbusana muslim peserta didik SDN Karangnangka. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum SDN Karangnangka, dan foto-foto kegiatan keagamaan dengan berbusan muslim peserta didik SDN Karangnangka . Untuk menganalisis data, penulis melakukan penelaahan seluruh data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat nilai-nilai akhlak dalam berbusana muslim pada peserta didik SDN Karangnangka, yaitu cinta kepada Allah, bersyukur kepada Allah, taqwa, muraqabah, menjaga kehormatan (iffah), menjaga rasa malu, dan tawadhu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Akhlak, Busana Muslim, Peserta Didik SD
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:52
Last Modified: 29 Aug 2016 07:52
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item