INTERNALISASI NILAI RELIGIUSITAS PADA MASYARAKAT MELALUI MAJELIS TAKLIM DI MUSHOLA AL-HIDAYAH DESA KARANGREJA KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

YANUAR IKO SAPUTRA, NIM. 1223301179 (2016) INTERNALISASI NILAI RELIGIUSITAS PADA MASYARAKAT MELALUI MAJELIS TAKLIM DI MUSHOLA AL-HIDAYAH DESA KARANGREJA KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
YANUAR IKO SAPUTRA_INTERNALISASI NILAI RELIGIUSITAS PADA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (871kB) | Preview

Abstract

Religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuhkembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah, dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan Illahi untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Namun religius masih berasa hanya dalam tataran kognitif saja belum sampai ranah afektif pribadi. Sedangkan kalau kita melihat religiusitas itu lebih melihat aspek yang di dalam lubuk hati nurani pribadi. Sehingga muncul dari dalam diri pribadi itu sendiri bukan karena keterpaksaan namun karena kesadaran akan sesuatu hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai religiusitas pada masyarakat melalui majelis taklim di mushola al-hidayah desa karangreja kecamatan kutasari kabupaten purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data, yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai religiusitas pada masyarakat melalui majelis taklim di mushola al-hidayah desa karangreja kecamatan kutasari kabupaten purbalingga. Salah Satunya yaitu dengan ketepatan waktu dalam melaksanakan shalat dan kesadaran akan pentingnya memakmurkan mushola. Metode yang digunakan dalam internalisasi nilai religiusitas itu antara lain: metode cerita, metode ceramah, metode keteladanan, metode memberikan perhatian, dan metode pembiasaan. Bentuk-bentuk nilai religiusitas dibuktikan dalam aktivitas sehari-hari, seperti: kejujuran, keadilan, rendah hati, mempunyai visi kedepan dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Religiusitas.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:40
Last Modified: 29 Aug 2016 06:40
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item