MANAJEMEN PROGRAM SATURDAY FUN DAY (SFD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

ROHIMAH, NIM. 1223303029 (2016) MANAJEMEN PROGRAM SATURDAY FUN DAY (SFD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text
ROHIMAH_MANAJEMEN PROGRAM SATURDAY FUN DAY (SFD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SM.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju, menuntut adanya Sumberdaya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu menjadi sebuah kewajiban bagi setiap lembaga pendidikan untuk menciptakan pendidikan yang bermutu, sehingga mampu menciptakan peserta didik yang berkualitas. Salah satu ciri pendidikan bermutu yaitu adanya prestasi. Prestasi dapat diraih oleh suatu lembaga pendidikan dengan membuat program-program pendidikan. Program Saturday Fun Day (SFD) adalah sebuah trobosan yang menggai bakat dan minat dalam bidang akademik dan non akademik yang dalam prosesnya dilaksanakan secara terprogram, terarah dan berkualitas, serta berdaya saing global. Program SFD tidak biasa berjalan dengan baik, jika tidak ada pengeloaan yang baik pula. Maka dalam hal ini perlu adanya manajemen, karena merupakan kegiatan mengelola yang secara umum terdiri dari bererapa langkah, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Melalui langkah tersebut, program SFD dapat berjalan secara efektif dan efisien. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program Saturday Fun Day (SFD)sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan peneitian ini digolongkan kedalam kualitatif deskriptif. Adapun metode pengambilan data yang penulis gunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneitian diketahui bahwa manajemen program Saturday Fun Day (SFD) sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto yaitu (1) perencanaan dilaksanakan sesuai dengan rencana yang ditetapkan yaitu mulai perumusan tujuan, penentuan jenis kegiatan, penetapan jadwal kegiatan, dan seleksi peserta; (2) tahap pengorganisasian dilakukan dengan baik dengan menentukan orang-orang yang berkompeten dan membuat pengelompokan pekerjaan; (3) upaya penggerakan ditempuh dengan langkah pembimbingan dan penjalinanhubungan; (4) kegiatan pengawasan program dilakukan secara terarah melalui pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung. Melalui empat tahap tersebut, menjadi upaya SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program SFD, Peningkatan Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:57
Last Modified: 29 Aug 2016 03:57
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item