NILAI-NILAI NASIONALISME SANTRI DALAM FILM “SANG KYAI” (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE)

NURIDA ISMAWATI, NIM.1223102012 (2016) NILAI-NILAI NASIONALISME SANTRI DALAM FILM “SANG KYAI” (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NURIDA ISMAWATI_NILAI-NILAI NASIONALISME SANTRI DALAM FILM SANG KYAI (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN F.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nasionalisme masyarakat Indonesia semakin lama semakin berkurang.Indonesia merupakan Negara yang beraneka ragam dari suku, bangsa, bahasa dan budaya.Keanekaragaman ini yang seharusnya menjadi pemersatu bangsa.Nasionalisme dan agama adalah dua hal yang berbeda dan tidak ada kaitannya, menurut pandangan sebagian masyarakat.Kyai dan santri dianggap tokoh yang murni memperjuangkan agama bukan untuk negara. Namun dalam film Sang Kyai berbeda, parakyai dan santri, atau biasa di julukikaum sarungan tidak hanaya dinilai sebagai tokoh agama saja, melainkan juga sebagai tokoh yang turut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dantokoh kyai dalam film ini sebagaipenentu arah dalam pengerahan massa santri untuk melawan penjajah serta, sebagai kunci dalam menggerakkan santri-santri untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaanIndonesia pada saat itu. Sang Kyai adalah sebuah film drama Indonesia karya RakoPrijanto yang mengangkat kisah perjuangan kemerdekaan dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama yaitu KH.HasyimAsy’ari. Berdasarkan latar belakang di atas peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut: Apa saja nilai-nilai nasionalisme santri dalam film Sang Kyai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai nasionalisme santri yang digambarkan dalam film Sang Kyai, melalui pembacaan kode-kode semiotika John Fiske yang meliputi tiga level yaitu; realitas, representasi dan ideologi. Film ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai nasionalisme yang sekarang dirasa berkurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai nasionalisme santri dalam film Sang Kyai ditunjukkan dalam berbagai nilai, yaitu nilai kesatuan, nilai solidarisasi dan nilai kemandirian. Dalam film Sang Kyai tokoh utamayang memiliki ketiga nilai di atas yaitu KH. HasyimAsy’ari. Selain itu, para ulama dan santri yang digambarkan dalam film Sang Kyai. Agama menjadi motiv pertama yang digunakan oleh para ulama dan santri yang kemudian menjadi motiv nasionalisme. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dan gagasan ilmiah mengenai nasionalisme santri dalam memperjuangkan kemerdekaan di masa penjajahan Jepang dan pasca kemerdekaan, khususnya dalam media film berbasis nasionalisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme, Santri, The Codes Of Television
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:52
Last Modified: 29 Aug 2016 03:52
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item