UPAYA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS BAGI PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS ( Studi Kasus Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap)

TEZAR TRI SETIYONO, NIM. 1123103003 (2016) UPAYA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS BAGI PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS ( Studi Kasus Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
TEZAR TRI SETIYONO_UPAYA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS BAGI PASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar kondisi spiritual pasien gagal ginjal menurun dikarenakan penyakit yang dideritanya. Terutama pada awal saat pasien menderita penyakit gagal ginjal, pasien mengalami goncangan mental yang mempengaruhi kepada kondisi spiritualnya. Karena gagal ginjal kronis ini merupakan salah satu penyakit terminal yang akan mempengaruhi kualitas hidup pasien termasuk masalah spiritualitas. Semua penyakit yang memiliki komponen psikosomatik, dan biologis, faktor psikologis, sosial, dan spiritual selalu berkontribusi dalam gejalagejala penyakitnya. Salah satu upaya pihak rumah sakit adalah dengan memberikan bimbingan dan konseling Islam, agar permasalahan yang berat ini tidak membuat stress, tapi justru mendekatkan para penderitanya pada perilaku keberagamaan yang baik. Seperti amaliyah ibadah yang lebih baik, semakin mendekatkan diri kepada Allah, dan keimanan yang baik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya bimbingan konseling Islam yang diterapkan oleh petugas bimbingan rohani dalam meningkakan spiritualias bagi Pasien Gagal Ginjal Kronis di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan spiritualitas bagi Pasien Gagal Ginjal Kronis di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa upaya bimbingandan konseling Islam bagi pasien gagal ginjal kronis di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap yaitu melakukan layanan bimbingan Islam dengan memberikan bimbingan melalui ceramah keagamaan untuk meningkatkan spiritualitas pasien gagal ginjal kronis, dan melakukan layanan konseling sesuai permintaan pasien itu sendiri, selain itu juga dengan menyediakan buku-buku pencerahan keagamaan di ruang hemodialisa. Bimbingan dan konseling Islam mampu memberikan semangat, motivasi serta memberikan pencerahan tentang makna hidup (the meaning of life) dan juga hikmah dibalik sakit sebagai bentuk stimulus bagi pasien dan pasien mendapat ketenangan, kesabaran dalam menghadapi musibah sakitnya, dan tidak terlelap dalam masalah yang dihadapinya, mendorong pasien agar memahami potensi yang ada pada dirinya serta memanfaatkan daya-daya tersebut untuk bangkit kembali dari penderitaan untuk mampu tegak kokoh menghadapi berbagai kendala, dan secara sadar mengembangkan diri untuk meraih kualitas hidup yang lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam, Spiritualitas, Gagal Ginjal
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:43
Last Modified: 29 Aug 2016 03:43
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item