PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS SE-KECAMATAN KEMRANJEN, BANYUMAS

Sadariyah Tri Utami, NIM. : 1223303088 (2016) PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS SE-KECAMATAN KEMRANJEN, BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COver_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
SADARIYAH TRI UTAMI_PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTs SE-KECAMATAN KEMRANJEN, B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Untuk mencapai tujuan pembangunan nasional secara optimal diperlukan kinerja sumber daya manusia yang optimal. Terutama pada bidang pendidikan, kualitas pendidikan tergantung dari sumber daya yang berada pada bidang pendidikan tersebut. Guru merupakan tenaga pendidik yang mempunyai peran untuk mengajar, mendidik, dan membimbing peserta didik agar mempunyai ilmu pengetahuan dan keterampilan. Maka dari itu, untuk mencetak peserta didik yang unggul guru harus berkualitas. Iklim sekolah adalah hasil dari media interaksi dalam organisasi sekolah.Iklim sekolah juga menyangkut situasi dan kondisi guru di sekolah. Kualitas iklim sekolah akan berpengaruh terhadap kinerja guru dalam sekolah tersebut. Jika iklim sehat, kinerja guruakan baik. Namun, jika iklim sekolah tidak sehat, seperti feodalistis, saling membuat geng, penuh intrik-intrik, kasak kusuk saling menikam, dan KKN, kinerja guru akan menjadi tidak baik. Persolan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru di MTs se-Kecamatan Kemranjen, Banyumas?. Jenis penelitian ini menggunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh MTs di kecamatan Kemranjen, Banyumas yaitu sejumlah 6 MTs yang terdiri dari 140 guru. Adapun yang menjadi responden adalah 42 guru. Guna menemukan responden penelitian secara representatif, maka dalam penelitian ini digunakan teknik proportional random sampling. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi. Uji validitas instrumen penelitian dengan menguji validitas isi dan butir, sedangkan uji reliabilitas menggunakan split half. Uji persyaratan analisis dengan menguji normalitas data. Analisis data yang dipakai berupa analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara iklim sekolah terhadap kinerja Guru di MTs se-Kecamatan Kemranjen, Banyumas, ini terlihat dari persamaan regresinya yaitu Ý = 47,009 + 0,396 X atau Kinerja Guru = 47,009 + 0,396 Iklim Sekolah. Setiap kenaikan satu skor untuk iklim sekolah, maka skor kinerja guru akan bertambah 0,396, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah terhadap kinerja guru MTs dengan nilai t hitung = 4,818 > t tabel = 1,683. Dan iklim sekolah mempengaruhi kinerja guru dengan sumbangan sebesar 36,8%, sedangkan sisanya 63,2% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklim Sekolah, Kinerja Guru.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:37
Last Modified: 29 Aug 2016 03:37
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item