PERAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI MAN PURBALINGGA

Lulu Nafisa, Diga (2021) PERAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI MAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lulu Nafisa Diga_Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Siswa Di MAN Purbalingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan hal yang penting bagi perkembangan siswa, terutama dalam urusan beribadah agar pada masa dewasanya tidak cenderung malas, apatis dan konsisten dalam menjalankan ibadah. Sehingga nantinya dapat menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlaq mulia. Dalam hal ini, guru Fiqih memiliki peran penting untuk meningkatkan kedisiplinan beribadah pada siswa baik melalui proses pembelajaran Fiqih maupun pelaksanaan kegiatan keagamaan yang ada di sekolah dengan tujuan memberikan kesadaran diri pada siswa mengenai kewajiban beribadah agar selalu semangat dalam menjalankan kegiatan beribadahnya dengan rasa ikhlas dan tanpa ada rasa paksaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa peran guru Fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di MAN Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berdasarkan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini peran guru Fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa dilaksanakan dengan: Pertama, guru Fiqih berperan sebagai pembimbing. Kedua, guru Fiqih berperan sebagai motivator dan penasehat. Ketiga, guru Fiqih berperan sebagai fasilitator. Keempat, guru Fiqih berperan sebagai evaluator. Adapun hasil implementasi peningkatan kedisiplinan beribadah siswa MAN Purbalingga yaitu: 1) Adanya konsistensi dalam membaca doa, Asmaul Husna dan tadarus Al-Qur’an pada siswa. 2) Siswa mulai terbiasa untuk menjalankan salat Dhuha. 3) Siswa mulai memperbaiki salat 5 waktu yang masih belum dikerjakan. 4) Siswa lebih disiplin dalam menghafal Juz ‘Amma. Kata kunci: Guru, Fiqih, Kedisiplinan, Beribadah, MAN Purbalingga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Fiqih, Kedisiplinan, Beribadah, MAN Purbalingga
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3205 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Lulu Nafisa Diga
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:31
Last Modified: 01 Feb 2021 03:31
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9187

Actions (login required)

View Item View Item