IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

IKROM SUBIYANTO, NIM. 092338118 (2016) IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IKROM SUBIYANTO__IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Metode digunakan dalam proses pembelajaran dan mempunyai peran yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan itu. Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya penggunaan metode ceramah yang dikombinasikan dengan metode lain yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbang dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik, sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang tidak menjenuhkan. Selain itu ada pembiasaan-pembiasaan yang dapat menciptakan bi’ah islamiyyahatau lingkungan islami sehingga dapat menanamkan jiwa islami dalam diri peserta didik. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik diberikan materi sebagai bekal untuk menjadi manusia yang Islami dengan menngamalkan semua ajaran Islam di lingkungan masyarakat berdasar pada al-Qur’an dan al-Hadist dan dapat menjadikannya sebagai pandangan hidup. Tentunya di sini guru harus menguasai dan menggunakan metode-metode yang sesuai dengan tujuan itu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan penerapan metode ceramah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbang kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu di dalam proses pembelajaran guru pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbang menerapkan metode ceramah yang dikombinasikan atau dipadukan dengan metode pembelajaran lain, seperti metode diskusi, metode tanya jawab, metode pembiasaan, metode penugasan dan metode cerita. Dalam penerapan metode ceramah guru menggunakan suara yang halus dan bahasa yang mudah dipahami peserta didik, metode ini didukung dengan metode tanya jawab agarproses pembelajaran yang bersifat komunikatif dan membuat peserta didik fokus. Metode pembiasaan diterapkan agar peserta didik memiliki kebiasaan islami, sehingga nantinya dapat menjalankan ibadah dengan kesadaran tanpa paksaan. Metode penugasan diterapkan saling mendukung dengan metode pembiasaan, peserta didik diberi tugas untuk mengerjakan soal uraian pendek, agar mereka bisa menjawab pertanyaan secara ilmiah. Metode cerita diterapkan agar peserta didik agar mampu mengambil i’tibar atau pelajaran dari kisah-kisah yang berhubungan dengan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Ceramah, Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 2 Sumbang.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:22
Last Modified: 29 Aug 2016 03:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item