PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kota Tegal)

INA ANIKMAH, NIM. 1123203064 (2016) PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kota Tegal). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
INA ANIKMAH_PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PERSPEKT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Retribusi parkir adalah fasilitas di bahu jalan umum yang disediakan oleh pemerintah daerah sebagai tempat parkir, adanya iuran atas penggunaan jasa parkir. Pada proses pendapatan retribusi parkir di Kota Tegal dipungut dari setiap masyarakat yang menggunakan jasa tempat parkir tepi jalan umum yang disediakan pemerintah daerah. Pengenaan tarif parkir berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan oleh masyarakat. Setiap masyarakat yang menggunakan jasa parkir akan merasakan pelayaan parkir yang dilakukan oleh juru parkir. Pelayanaan yang dapat dinikmati oleh pengguna jasa parkir adanya keamanan kendaraan, ketertiban jalan. Agar pelayanaan tetap berjalan dengan semestinya, pihak Pemerintah Daerah selalu melakukan evaluasi pelayanaan retribusi parkir dengan selalu memberikan motivasi, arahan kepada pegawai Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika dan juru parkir. Dengan begitu pelayanan dapat memberi kenyamanan kepada masyarakat dan dapat meningkatkan pendapatan retribusi parkir. Peningkatan pendapatan retribusi parkir perlu dilakukan agar meningkatkan pendapatan asli daerah kota Tegal, karena berpengaruh pada perkembangan daerah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan retribusi parkir dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah perspektif ekonomi Islam di Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research), dimana peneliti mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena atau kejadian keadaan yang alamiah, dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan retribusi parkir dalam meningkatkan pendapatan asli daerah perspektif ekonomi Islam memalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengelolaan retribusi parkir di Kota Tegal sudah menerapkan prinsip ekonomi Islam. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaanya baik dari penetapan tarif, pungutan retribusi parkir sudah sesuai dengan aspek keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Retribusi Parkir, Pendapatan Asli Daerah, Ekonomi Islam.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:09
Last Modified: 29 Aug 2016 02:09
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item