MANAJEMEN GURU KELAS DALAM PENYELENGGARAAN LAYANAN PENDIDIKAN BERMUTU DI SD ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

Nunik, Febi Nurhidayati (2020) MANAJEMEN GURU KELAS DALAM PENYELENGGARAAN LAYANAN PENDIDIKAN BERMUTU DI SD ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NUNIK FEBI NURHIDAYATI_MANAJEMEN GURU KELAS DALAM PENYELENGGARAAN LAYANAN PENDIDIKAN BERMUTU DI SD ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA PURWOKERTO.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_bab 1_bab V_dapus (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini, suatu keberhasilan aktivitas pembelajaran yang berkualitas membutuhkan banyak peran dari seluruh komponen pendidikan untuk melaksanakan kegiatan dari aktivitas di dalamnya. Penyelenggara pendidikan memiliki peran utama yang sangat penting guna menciptakan, mengembangkan, dan mengarahkan seluruh peserta didik melalui proses belajar mengajar yang telah terstruktur. Untuk menjalankan aktivitas pendidikan terstruktur yang diharapkan, seorang pendidik atau guru dituntut agar mampu profesional dalam berkontribusi penuh mengelola peserta didik beserta seluruh layanan pendidikan di dalamnya. Demi mewujudkan terealisasinya seorang pendidik yang profesional, dibutuhkan suatu kegiatan yang optimal dan maksimal mencakup kegiatan manajemen sumber daya manusia bagi guru kelas guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan pendidikan di dalam sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui Manajemen Guru Kelas dalam Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Bermutu di SD Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa yang ada di SD Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto. Dari hasil penelitian tersebut, maka data akan dikumpulkan dan dianalisis terlebih dahulu, kemudian direduksi, selanjutnya disajikan dalam bentuk derkriptif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Guru Kelas dalam Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Bermutu di SD Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto diimplementasikan dalam kegiatan pengelolaan terhadap kinerja guru kelas melalui komponen perencanaan, pengadaan, pembinaan dan pengembangan, promosi dan mutasi, pemberhentian dan kompensasi, serta penilaian yang akan menghasilkan proses manajerial pengelolaan guru diantaranya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam mencapai manajemen guru kelas di SD Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto yang efektif dilakukan dengan proses pengelolaan yang dijalankan dengan beberapa fungsi manajemen secara berkesinambungan dan terus-menerus dalam waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Guru Kelas, Layanan Pendidikan Bermutu
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Nunik Febi Nurhidayati
Date Deposited: 12 Jan 2021 01:55
Last Modified: 12 Jan 2021 01:55
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9122

Actions (login required)

View Item View Item