PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA MA'ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS

LAELA, WIDYANINGSIH (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA MA'ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAELA WIDYANINGSIH_PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA MA'ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karakter diartikan sebagai tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Karakter religius adalah karakter manusia yang selalu menyandarkan segala aspek kehidupannya kepada agama. Karakter religius sangatlah penting. Hal itu merujuk pada Pancasila yaitu menyatakan bahwa manusia Indonesia harus meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa dengan konsekuensi melaksanakan segala ajaran agamanya. Dengan tertanamnya karakter religius dalam jiwa setiap insan, maka ia akan selalu taat dan patuh dengan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Untuk membentuk pribadi yang berkarakter tersebut dengan melalui pembiasaan-pembiasaan yang baik dan bermanfaat yang dilakukan secara berulang-ulang, hari demi hari yang lambat laun akan tetanam dan melekat erat dalam pribadinya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan karakter religius di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data, penulis mengumpulkan data dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Objek penelitian ini adalah pembentukan karakter religius siswa di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen Banyumas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa landasan pembentukan karakter religius di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen adalah pendididan yang berbasis pesantren. Dalam pelaksanaan pembentukan karakter religius siswa sudah berjalan dengan baik. Pembentukan karakter religius dilakukan melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode kedisiplinan. Namun, metode yang paling sering digunakan adalah metode keteladanan dan pembiasaan yang diprogramkan di sekolah diantaranya adalah pembacaan asma’ul husna, kegiatan kapita selekta, membaca doa sebelum pembelajaran, sholat Dhuha dan Dhuhur berjama’ah, mujahadah Jum’at pagi, dan infaq Jum’at. Hasil dari upaya tersebut mampu membentuk karakter para siswa dalam memotivasi untuk melaksanakan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam menjalankan ibadah kepada Allah Swt., maupun ketika bergaul dengan orang-orang di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Karakter Religius, Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Laela Widyaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:11
Last Modified: 05 Jan 2021 03:11
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9108

Actions (login required)

View Item View Item