PENGARUH INTENSITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

Amanda, Febrian (2020) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AMANDA FEBRIAN RIZKY_PENGARUH INTENSITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Intensitas belajar sangat penting bagi siswa terutama siswa yang membutuhkan waktu yang relatif lama untuk memahami pelajaran yang memuat latihan-latihan soal yang mengandung unsur numerik. Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika adalah agar setiap siswa memiliki kecakapan dan kemampuan dalam pemecahan masalah matematika dan pemahaman. Beranjak dari hal tersebut, peneliti melakukan penelitian berjudul “ Pengaruh Intensitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh intensitas belajar terhadap kemampuan pemahaman matematis dan pengaruh intensitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 1 Jatilawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatilawang yang berjumlah 282 siswa dari 8 kelas. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik random sampling dengan mengambil sampel sebesar 10,5% sehingga menghasilkan 30 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara intensitas belajar terhadap kemampuan pemahaman matematis di SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas sebesar 41,7% dan terdapat pengaruh antara intensitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas sebesar 51,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Belajar, Kemampuan, Pemahaman, Matematis, Masalah,Matematika.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Amanda Febrian Rizky
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:05
Last Modified: 05 Jan 2021 03:05
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9107

Actions (login required)

View Item View Item