PENERAPAN TATA KRAMA DAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP MASYITHOH PROGRAM INTENSIF KROYA CILACAP

Isti, Kharirotun nangimah (2020) PENERAPAN TATA KRAMA DAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP MASYITHOH PROGRAM INTENSIF KROYA CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISTI KHARIROTUN NANGIMAH_PENERAPAN TATA KRAMA DAN BAHASA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tata krama dan bahasa merupakan solusi yang dilakukan SMP Masyithoh Kroya Cilacap dalam menanggapi peningkatan kenakalan remaja saat ini. Tujuan dari SMP Masyithoh sendiri yaitu membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang berakhlak dan berprestasi, sehingga mereka dituntut untuk memiliki menaati peraturan yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran tata krama dan bahasa dalam pembentukan karakter siswa di SMP Masyithoh Kroya Cilacap. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan tata krama dan bahasa dalam pembentukan karakter siswa di SMP Masyithoh Program Intensif Kroya Cilacap yaitu siswa mendapatkan pembelajaran tata krama melalui penerapan langsung dalam keseharian di sekolah dan pondok. Terbukti dari tingkah laku mereka. SMP Masyithoh Kroya Cilacap memiliki 2 program yaitu program intensif dan program reguler. Program Intensif merupakan program unggulan dari SMP Masyithoh Kroya Cilacap yang mana siswanya diwajibkan untuk mondok di Pondok pesantren Miftahul Huda Kroya atau sering di sebut dengan Islamic Boarding School. Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya merupakan pondok pesantren yang berada di bawah naungan yayasan miftahul huda sama seperti hal nya SMP Masyithoh Kroya Cilacap. Sedangkan program reguler merupakan program dari SMP Masyithoh Kroya yang tidak mewajibkan mondok. Jadi untuk program reguler, siswa hanya mengikuti sekolah pada umumnya yaitu berangkat pukul 07:00 WIB dan pulang pada pukul 15:00 WIB. Ketika terdapat siswa yang menyalahi aturan baik guru, ibu nyai, pak kyai, kaka kelas, dan ustadzah pembimbing yang melihatnya langsung ada teguran dan disertai punishment. Selain itu, mereka juga diajarkan kitab-kitab akhlaq seperti kitab akhlaqul banin, akhlaqul banat dan ta’limul muta’alim. SMP Masyithoh juga memiliki program-program bahasa yang ditujukan untuk menunjang pembentukan karakter siswa yaitu dengan hafalan vocabulary dan mufrodat-mufrodat dalam bahasa arab, program muhadatsah dan program muhadhoroh. Siswa juga diwajibkan menggunakan 2 bahasa asing dalam keseharian yaitu bahasa inggris dan bahasa arab sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Bagi pemula, siswa diperbolehkan menggunakan bahasa jawa dengan ketentuan krama inggil atau tidak boleh ngoko. Kata kunci: tata krama, bahasa, karakter, SMP Masyithoh Kroya Cilacap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tata krama, bahasa, karakter, SMP Masyithoh Kroya Cilacap
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Isti Kharirotun Nangimah
Date Deposited: 09 Dec 2020 07:00
Last Modified: 09 Dec 2020 07:00
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9066

Actions (login required)

View Item View Item