MANAJEMEN RISIKO PADA PEMBIAYAAN USAHA MIKRO DI KJKS BAITUTTAMWIL TAMZIS (Studi Kasus Pada KJKS Baituttamwil Tamzis Cabang Klampok Banjarnegara)

Umi Sudarsih, NIM. 1223203090 (2016) MANAJEMEN RISIKO PADA PEMBIAYAAN USAHA MIKRO DI KJKS BAITUTTAMWIL TAMZIS (Studi Kasus Pada KJKS Baituttamwil Tamzis Cabang Klampok Banjarnegara). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
UMI SUDARSIH_MANAJEMEN RISIKO PADA PEMBIAYAAN USAHA MIKRO DI KJKS BAITUTTAMWIL TAMZIS.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah (KJKS) merupakan lembaga keuangan mikro syari’ah yang kegiatannya menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan kemudian menyalurkannya dalam bentuk pembiayaan dengan sistem jual-beli maupun bagi hasil. Seiring semakin banyaknya usaha mikro yang dijalankan masyarakat berdampak pada peningkatan jumlah pembiayaan pada KJKS. KJKS akan selalu berhadapan dengan risiko terutama risiko pembiayaan. Oleh karena itu, KJKS perlu menerapkan manajemen risiko untuk meminimalisir risiko tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah “bagaimana penerapan manajemen risiko pada pembiayaan usaha mikro di KJKS Baituttamwil Tamzis Cabang Klampok Banjarnegara”. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di KJKS Baituttamwil Tamzis Cabang Klampok Banjarnegara. Adapun Hasil penelitian ini adalah penerapan manajemen risiko pembiayaan yang dilakukan oleh KJKS Baituttamwil Tamzis Cabang Klampok Banjarnegara terdapat pada proses pembiayaan yang meliputi : prosedur pembiayaan, pemantauan dan pengawasan pembiayaan, dan penanganan pembiayaan bermasalah. Dalam hal ini, secara umum KJKS Baituttamwil Tamzis Cabang Klampok Banjarnegara sudah cukup baik dalam penerapan manajemen risiko pembiayaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko Pembiayaan, Usaha Mikro, KJKS.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 00:37
Last Modified: 29 Aug 2016 00:37
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item