PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI BENDA BERANEKA RAGAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS I MI MUHAMMADIYAH KRANGGAN PEKUNCEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ROPINGATUN, NIM: 1123306064 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI BENDA BERANEKA RAGAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS I MI MUHAMMADIYAH KRANGGAN PEKUNCEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95MB) | Preview
[img] Text
ROPINGATUN_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ILMU PENGETAHUAN ALAMMATERI BENDA BERANEKA RAGAMMELALUI PENGGUNAANMEDIA BENDA KONKRET DI KELAS IMIMUHAMMADIYAH KRANGGAN PEKUNCEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95MB)

Abstract

Penggunaan benda konkret ini dimaksudkan agar siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal. Anak pada usia Sekolah Dasar (SD) membutuhkan benda kongkret sebagai media pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal. Selain itu, penggunaan media juga akan merangsang anak dalam memahami konsep yang disampaikan. Sehingga konsep yang diajarkan tersebut dapat diterima anak dengan baik dan anak juga akan belajar dalam suasana yang lebih menyenangkan. Dengan penggunaan media benda konkret diharapkan guru dan siswa bisa mempelajari keadaan sebenarnya di luar kelas dengan menghadapkan siswa kepada lingkungan yang aktual untuk dipelajari, diamati dalam hubungannya dengan proses belajar dan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi benda beraneka ragam melalui penggunaan media benda konkret Semester II Kelas I di MI Muhammadiyah Kranggan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, bahwa berdasarkan hasil PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus, ternyata hipotesis tindakan yang berbunyi: “Dengan penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi benda beraneka ragam di Kelas I MI Muhammadiyah Kranggan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014”, telah terbukti kebenarannya. Hal ini dapat dilihat pada nilai hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari pre test sampai siklus terakhir (siklus II) menunjukkan peningkatan dari 40% siswa yang tuntas menjadi 93,33% siswa yang tuntas atau meningkat sebesar 53,33%. Selain itu, rata-rata kelas juga meningkat dari 62,47 pada siklus II meningkat menjadi 80,00, atau meningkat sebesar 17,53. Kata Kata Kata Kunci: Kunci: Kunci: Media Media Media Benda Benda Benda Konkret, Konkret, Konkret, Hasil Hasil Hasil Belajar, Belajar, Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:49
Last Modified: 26 Aug 2016 07:49
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item