IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA KELAS 4 INKLUSIF DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Laely, Dwi Hidayah (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA KELAS 4 INKLUSIF DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laely Dwi Hidayah_Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Kelas 4 Inklusif di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari keberagaman peserta didik pada kelas inklusif yang terdiri dari peserta didik normal dan peserta didik berkebutuhan khusus yang belajar dengan menggunakan kurikulum yang sama. ABK akan mendapat materi, metode, media dan pendekatan pembelajaran yang sama dengan anak reguler lainnya yaitu pendekatan saintifik yang pelaksanaannya meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada kelas inklusif di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping serta peserta didik kelas inklusif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, proses analisis data dibagi menjadi 3 yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi. Langkah-langkah pendekatan saintifik sepenuhnya tetap dapat dilaksanakan dalam pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19, hanya saja kurang maksimal karena: 1) Tidak menggunakan media pembelajaran yang variatif; 2) guru terlihat lebih dominan dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait materi. ABK slow learner dapat mengikuti kegiatan mengamati, mencoba dan mengomunikasikan dengan cukup baik. Hanya dalam kegiatan menanya dan menalar mereka kesulitan dan lebih pasif karena memiliki masalah pada aspek kognitif atau pemahaman. Sehingga ABK belajar dengan bimbingan dan pendampingan. Selama pembelajaran daring, maka bimbingan dan pendampingan ABK dilakukan orang tua dengan tetap berkomunikasi dengan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, Kelas Inklusif
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Laely Dwi Hidayah
Date Deposited: 07 Nov 2020 10:28
Last Modified: 07 Nov 2020 10:28
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8985

Actions (login required)

View Item View Item