KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III DI SD NEGERI 03 KEDUNGWULUH PURWOKERTO

Falihatul, Ibriza (2020) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III DI SD NEGERI 03 KEDUNGWULUH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FALIHATUL IBRIZA_KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III DI SD NEGERI 03 KEDUNGWULUH PURWOKERTO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ketrampilan dasar mengajar bagi guru diperlukan agar guru dapat melaksanakan perannya dalam pengelolaan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Ketrampilan dasar juga merupakan syarat mutlak agar guru bisa mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran. Diantara keterampilan dasar mengajar yang penting dimiliki oleh seorang guru salah satunya adalah keterampilan dalam mengadakan variasi. Dimana variasi sendiri adalah perubahan dalam proses kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik, serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan sehingga proses pembelajaran berjalan secara dinamis serta tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan bahan pelajaran, dan variasi pola interaksi dan kegiatan pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 03 Kedungwuluh Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SD Negeri 3 Kedungwuluh diperoleh dari guru kelas III A, III B, III C dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif model Milles dan Hubberman yang mencakup: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran Tematik tema 5 “Cuaca” yaitu 1) Variasi gaya mengajar meliputi variasi suara meliputi penekanan kata-kata penting; memusatkan perhatian melalui lisan dan isyarat; membuat kesenyapan sejenak dengan diam sejenak; mengadakan kontak dengan mengarahkan pandangan menyeluruh ke seluruh siswa; variasi gerak badan dan mimik melalui gerakan tangan saat menulis, gerakan kepala, dan memperlihatkan gerakan mimik ceria; dan mengubah posisi dengan bergerak dengan perpindahan posisi dengan mendekati siswa. 2) Variasi penggunaan media dan bahan pelajaran melalui variasi media visual seperti modul, koran, poster ataupun gambar dan benda konkrit; media audio visual seperti video pembelajaran yang ditampilkan melalui LCD proyektor. 3) Variasi pola interaksi dan kegiatan yaitu pola interaksi dengan jenis komunikasi multi arah; dan variasi kegiatan berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, pengamatan atau pemberian informasi melalui video dan gambar atau media lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Variasi, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Falihatul Ibriza
Date Deposited: 07 Nov 2020 05:34
Last Modified: 07 Nov 2020 05:34
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8983

Actions (login required)

View Item View Item