IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF 07 KARANGMANGU KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ASRIYATI, NIM.1223305015 (2016) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF 07 KARANGMANGU KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dikatakan berhasil apabila menunjukan adanya penyelenggaraan pengajaran yang efektif dan efisien yang melibatkan semua komponen-komponen pembelajaran yang menyangkut tujuan pengajaran. Komponen-komponen tersebut dilibatkan secara langsung tanpa menonjolkan salah satunya. Komponen tersebut harus diberdayakan bersama-sama. Media merupakan komponen yang dapat membantu memudahkan guru dalam menjalankan tugasnya untuk menyampaikan pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Mengingat bahwa media merupakan komponen penting dalam sebuah proses pembelajaran, maka penulis tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan media visual pembelajaran IPS dikelas V MI Ma‟arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media visual pembelajaran IPS dikelas V MI Ma‟arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa guru IPS kelas V dalam melaksanakan pembelajaran dikelas selalu menggunakan media visual, baik media yang sudah ditersedia di Madrasah tersebut maupun media yang dirancang sendiri. Seperti yang penulis lihat pada waktu pembelajaran IPS dikelas V MI Ma‟arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap, media yang digunakan diantaranya yaitu: (1) media cetak berupa Buku Ajar Mandiri. (2) Media Gambar. (3) Media Dua Dimensi seperti Slide. (4) Peta. (5) Papan tulis. Dan penggunaan media-media tersebut sudah sesuai dengan macam-macam media dan penggunaannya, silabus, RPP, dan materi yang akan disampaikan sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Visual Pembelajaran IPS
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 26 Aug 2016 03:26
Last Modified: 26 Aug 2016 03:26
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item View Item