INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH PURWOKERTO

Faizal, Abdul Hafizh (2020) INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab1_Bab5_Dapus_Faizal_Abdul_Hafizh.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAIZAL ABDUL HAFIZH_INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kemajuan zaman yang mengubah cara hidup dan interaksi manusia, dengan bantuan teknologi saat ini mempermudah kalangan remaja untuk melanggar norma-norma masyarakat dan agama. Oleh karena itu para remaja perlu membentengi dirinya dengan berbagai karakter yang mulia. SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang membuat guru dan siswa mendapat tugas tambahan yaitu mempelajari dan mengaplikasikan nikai-nilai religius untuk menjadikan pribadi yang berahklak mulia tak terkecuali dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana internalisasi karakter religius dalam pembelajaran matematika di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai karakter religius yang diinternalisasikan adalah nilai Illahiyyah yang berhubungan dengan ketuhanan dan nilai Insaniyyah yang berhubungan dengan sesama manusia, (2) Langkah-langkah yang digunakan dalam internalisasi karakter religius dalam pembelajaran matematika memiliki tiga tahap yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, tahap transinternalisasi nilai, (3) Metode yang digunakan dalam internalisasi karakter religius dalam pembelajaran matematika di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto yaitu metode langsung dan tidak langsung; melalui mata pelajaran tersendiri dan terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran; melalui kegiatan-kegiatan di luar mata pelajaran yaitu melalui pembiasaan-pembiasaan atau pengembangan diri; melalui metode keteladanan (uswah hasanah); melalui nasihat-nasihat dan memberi perhatian; serta metode reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Internalisasi, Pembelajaran Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: FAIZAL ABDUL HAFIZH
Date Deposited: 07 Nov 2020 02:52
Last Modified: 07 Nov 2020 02:52
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8976

Actions (login required)

View Item View Item