ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

Siti, Amanah (2020) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Siti Amanah_Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Mrebet Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam pelajaran matematika. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Mrebet ini dikarenakan siswa menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Selain itu, kesulitan belajar yang dialami siswa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dan faktor apa saja yang menjadi penyebab kesulitan belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Mrebet yang mengalami kesulitan belajar matematika yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Analisis data wawancara dilakukan untuk memperoleh data terkait kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Analisis data untuk menggambarkan faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa dengan menghitung seberapa besar persentase hasil angket pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Mrebet. Kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dikarenakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit. Motivasi belajar matematika siswa tergolong rendah, siswa cenderung tidak antusias dan tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran matematika. Minat belajar matematika siswa tergolong rendah, siswa cenderung acuh pada saat guru memberikan materi. Rasa percaya diri siswa rendah, siswa tidak percaya diri dengan kemampuannya untuk memahami materi jika tidak dibantu oleh guru. Faktor lingkungan keluarga siswa yang berpengaruh yaitu cara orang tua mendidik. Hampir seluruh orang tua memarahi anaknya jika mereka tidak mengerjakan PR dan juga pada saat anaknya mendapat nilai ulangan yang rendah. Faktor lingkungan sekolah yang berpengaruh yaitu cara mengajar guru. Tugas yang diberikan guru dalam pembelajaran online dianggap terlalu banyak oleh beberapa siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, Faktor penyebab kesulitan belajar,matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Siti Amanah
Date Deposited: 06 Nov 2020 06:58
Last Modified: 06 Nov 2020 06:58
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8919

Actions (login required)

View Item View Item