PRODUK MURABA>HA>H LOGAM INVESTASI ABADI DI PEGADAIAN SYARIAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di PT.Pegadaian Syariah Cabang Purwokerto)

Muhammad Wildan, Muhammad Wildan (2016) PRODUK MURABA>HA>H LOGAM INVESTASI ABADI DI PEGADAIAN SYARIAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di PT.Pegadaian Syariah Cabang Purwokerto). Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TESIS UTUH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Produk MULIA adalah Investasi pada emas yang transaksi pembayarannya bisa secara tunai dan angsuran. Investasi emas batangan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tertarik untuk berinvestasi emas batangan guna memperoleh portofolio asset masyarakat tetapi dana terbatas. Dalam pelaksanaan produk tersebut Pegadaian syariah sebagai perantara atau pihak yang memasarkan emas batangan dari PT. Aneka Tambang kepada pihak yang ingin berinvestasi emas (nasabah). Produk Mulia dalam Pegadaian Syariah menggunakan akad Mur>abah>ah dan rahn yang mengacu pada Fatwa DSN-MUI No. 25/DSN-MUI/V/2002. Sementara dalam jual beli emas secara angsuran/kredit ini para ulama berbeda pendapat yaitu ada yang membolehkan dan ada juga yang mengharamkan. Dari situlah perlu adanya penelitian tentang praktik akad Mur>abah>ah dan Rahn pada produk MULIA di Pegadaian Syariah Cabang Purwokerto?,Bagaimana Hukum Islam memandang Produk MULIA yang di keluarkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Purwokerto?. Akad atau kontrak adalah pertalian antara ijab dan qabul menurut ketentuan syara yang menimbulkan akibat hukum pada objeknya. Muraba>ha>h adalah produk multi akad dengan cara menjual harga asal ditambah dengan margin keuntungan yang telah disepakati. Rahn menjadikan barang/benda yang bersifat harta sebagai kepercayaan dari suatu hutang yang dapat di bayarkan dari harta benda itu bila hutang tidak di bayar Hukum Islam adalah seperangkat peraturan berdasaran wahyu Allah swt dan Sunnah Rasul tentang tingkah laku manusia mukallaf yang diakui dan diyakini berlaku mengikat untuk semua umat yang beragama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang difokuskan pada pelaksanaan akad Mur>abah>ah dan Rahn pada produk MULIA di Pegadaian Syariah Cabang Purwokerto. Data-data diambil dari kitab-kitab fikih yang membahas hukum jual beli, fatwa DSN-MUI, dan buku-buku yang membahas tentang prosedur operasional pegadaian syariah. Perangkat analisis yang dipakai adalah content analysis, deskriptif, dan komparatif dengan pendekatan yuridis normatif. Adapun hasil temuan penelitian Produk MULIA yang dilakukan di Pegadaian Syariah Cabang Purwokerto sesuai dengan akad Hukum Islam. Sementara untuk Hukum Jual beli emas secara kredit terdapat dua pendapat dari para ulama yaitu melarang dan memperbolehkan. Peneliti setuju dengan perpendapat para ulama yang menyatakan bahwa jual beli emas boleh dilakukan baik secara tunai ataupun kredit asalkan keduanya tidak dimaksudkan sebagai tsaman (harga, alat pembayaran,uang) melainkan sil’ah (barang). Kata kunci: Produk MULIA, Mur>abah>ah dan Rahn , dan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Produk MULIA, Mur>abah>ah dan Rahn , dan Hukum Islam.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Pascasarjana > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Hanik Nurdiana Sabita
Date Deposited: 12 Oct 2016 03:30
Last Modified: 28 Nov 2016 02:34
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item