NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KOMUNIKASI KELUARGA PADA FILM HABIBIE DAN AINUN

Mila Aziz Khaerunisa, NIM. 1223301110 (2016) NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KOMUNIKASI KELUARGA PADA FILM HABIBIE DAN AINUN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
MILA AZIZ KHAERUNISA_NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KOMUNIKASI KELUARGA PADA FILM HABIBIE DAN AINUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Nilai Pendidikan Islam Dalam Komunikasi Keluarga Pada Film Habibie Dan Ainun”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan Islam dalam komunkasi keluarga pada film Habibie dan Ainun serta Relevansinya dengan materi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi (Content Analysis) yaitu usaha menganalisis isi sebuah film yang menggambarkan situasi penulis dan masyarakat pada waktu film tersebut dibuat. Hasil Penelitian ini ada dua yakni, pertama nilai pendidikan Islam dalam komunikasi keluarga pada film Habibie dan Ainun, terdiri dari nilai akidah yakni akidah atau keimanan terhadap Nabi dan Rasul Allah sw. Nilai ibadah yang terdiri dari ibadah Sholat dan do’a. Nilai akhlak yang meliputi nilai kejujuran, nilai syukur, nilai perhatian dan kasih sayang, nilai menepati janji, dan nilai silaturahim. Nilai sosial meliputi nilai kerja sama (gotong royong), nilai musyawarah, dan nilai etika pergaulan. Kedua relevansi nilai pendidikan Islam dalam komunikasi keluarga pada film Habibie dan Ainun dengan pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah. Nilai akidah terhadap Nabi dan Rasul Allah swt memiliki relevansi dengan materi pembelajaran PAI di SMP kelas VIII semester II. Nilai pendidikan ibadah memiliki relevansi dengan materi pembelajaran PAI yakni sholat dan berdo’a, terdapat pada materi pembelajaran PAI di SMP kelas VII semester 1. Nilai pendidikan akhlak memiliki relevansi dengan materi pembelajaran PAI yakni pada materi pembelajaran PAI kelas VII smester II, kelas VIII semester I, dan kelas X. Nilai pendidikan sosial berkaitan dengan sesama manusia. relevansinya terdapat pada materi pembelajaran PAI kelas X, XI, dan XII. Komunikasi keluarga pada film Habibie dan Ainun relevansinya dengan pendidikan agama Islam yakni sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan Islam, Komunikasi Keluarga pada film Habibie dan Ainun.
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:41
Last Modified: 25 Aug 2016 01:41
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item