METODE PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI

Rizqi, Khullida (2020) METODE PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI. Pustaka Senja.

[img]
Preview
Text
Rizqi Khullida_Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Betapa pentingnya kecerdasan spiritual (hati) bagi seseorang, dimana kecerdasan spiritual menjadi pondasi bagi kecerdasan-kecerdasan lainnya. Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berasal dari batin atau jiwa yang selalu berfikir positif sehingga mampu tumbuh menjadi manusia seutuhnya. Mengembangkan kecerdasan spiritual anak perlu dilakukan sejak dini. Tujuannya adalah agar anak bisa menjadi orang yang memiliki kepekaan batin dan jiwa terhadap diri sendiri maupun orang lain. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang metode pengembangan kecerdasan spiritual anak usia dini. Manfaat dalam penulisan ini untuk mengetahui tentang metode pengembangan kecerdasan spiritual anak usia dini. Untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak dapat melakukannya dengan sebuah metode. Metode adalah seperangkat cara yang digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan ilmu atau transfer ilmu kepada anak didiknya yang berlangsung dalam proses belajar dan mengajar atau proses pembelajaran. Metode pengembangan kecerdasan spiritual anak usia dini, yaitu dilakukan dengan metode mimicry memorization. Metode mim-mem merupakan singkatan dari mimicry (yang artinya meniru) dan memorization (yang berarti menghafal). Metode ini juga sering kali disebut metode informant-drill method, karena setiap Latihan-;atihannya dilakukan oleh seorang pengajar dan informan penutur asli atau native speaker. Jadi metode ini sebenarnya adalah mimicry memorization method, yang kemudian disingkat menjadi mim-mem method. Metode mimicry memorization merupakan metode yang sangat mudah dan efektif untuk belajar oleh anak-anak, dan dapat membantu anak dalam meresapkan ke dalam pikiran agar selalu ingat, karena dalam metode ini, anak akan belajar lebih aktif dan bersemangat tentunya karena pengucapannya dilakukan secara serentak, anak dilatih daya ingatnya, dan lebih fokus dengan pengucapan guru, suasana kelaspun tentunya lebih hidup.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Akhir
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: RIZQI KHULLIDA sdr
Date Deposited: 05 Nov 2020 16:05
Last Modified: 05 Nov 2020 16:05
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8771

Actions (login required)

View Item View Item