MANAJEMEN KELAS DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DI SD NU MASTER SOKARAJA

Annisa, Qotrun Nada (2020) MANAJEMEN KELAS DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DI SD NU MASTER SOKARAJA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANNISA QOTRUN NADA_MANAJEMEN KELAS DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DI SD NU MASTER SOKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Program tahfidz Al-Qur’an merupakan progam yang sedang tren dikalangan masyarakat. Banyak lembaga pendidikan yang menjadikan program tahfidz sebagai program unggulannya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pelaksanaan program tahfidzul Qur’an salah satunya adalah manajemen kelas. Manajemen kelas adalah kemampuan guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi kelas agar selalu kondusif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Program tahfidzul Qur’an merupakan kegiatan mempelajari dan menghafal Al-Qur’an yang dilakukan di lembaga pendidikan dengan media dan metode yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas khususnya dalam program tahfidzul Qur’an di SD NU Master Sokaraja. Selain itu, juga untuk mengetahui cara meningkatkan gairah belajar peserta didik, mengatur ruangan belajar, serta menegakkan disiplin peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah manajemen kelas dalam program tahfidzul Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kelas dalam program tahfidzul Qur’an di SD NU Master Sokaraja dimulai dari perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Perencanaan pengelolaan kelas didasarkan pada perencanaan kurikulum yang dilakukan di awal tahun pembelajaran. Implementasi manajemen kelas terdiri dari pengaturan ruang kelas, pengaturan tempat duduk peserta didik, pengaturan kedisiplinan dan perilaku peserta didik, serta pengaturan semangat gairah peserta didik. Langkah preventif yang dilakukan oleh SD NU Master dalam program tahfidzul Qur’an adalah dengan adanya kegiatan what why enjoy life yaitu kegiatan yang dilakukan sebelum memulai pelajaran dimana peserta didk secara bergantian menyampaikan perasaannya pada saat itu, sedangkan langkah kuratifnya pendidik memberikan bimbingan dan solusi kepada peserta didik yang mengalami masalah. Selanjutnya evaluasi dalam pengelolaan kelas di SD NU Master Sokaraja selain dilakukan terhadap peserta didik juga dilakuakn kepada pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kelas, dan Program Tahfidzul Qur'an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Annisa Qotrun Nada
Date Deposited: 05 Nov 2020 16:00
Last Modified: 05 Nov 2020 16:00
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item