NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM GURUKU KARYA DEAN GUNAWAN

ARIFIAN ADI SETYO, NIM. 1123301091 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM GURUKU KARYA DEAN GUNAWAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ARIFIAN ADI SETYO_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM GURUKU KARYA DEAN GUNAWAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya penanaman kecerdasan dalam berpikir, penghayatan dalam bentuk sikap dan pengamalan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang dirancang dan disusun secara sistematis untuk melaksanakan nilai-nilai baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan. Film Guruku sangat sesuai dalam menggambarkan bagaimana menanamkan karakter kepada anak-anak. Film ini tidak hanya menyajikan hiburan tapi juga tuntunan. Selain itu sajian film ini juga mencerdaskan dan mencerahkan, dengan disajikan secara sederhana, komunikatif, dan mendidik. Oleh karena itu, penulis untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Guruku. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu video film Guruku, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, internet, majalah, dan literature-literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Setelah data terkumpul selanjutnya dipilih dan dipilah serta diklasifikasikan untuk kemudian dilakukan analisis data. Kemudian dalam metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi atau content analysis. Jenis analisis ini akan penulis gunakan dalam upaya menerangkan nilainilai pendidikan karakter dalam film Guruku karya Dean Gunawan. Berdsarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan mengenai nilainilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Guruku yang harus diketahui, diamalkan dan ditanamkan dalam diri peserta didik sejak dini, yaitu 1) Nilai karakter yang hubungannya dengan Tuhan (Religius), yang meliputi nilai keikhlasan untuk menolong karena Allah SWT., 2) Nilai karakter hubungannya dengan diri sendiri yang meliputi kejujuran, bergaya hidup sehat, kerja keras. Percaya diri, mandiri, dan rasa ingin tahu yang tinggi, 3). Nilai karakter hubungannya dengan sesam meliputi, patuh pada aturan-aturan sosial, menghargai karya dan prestasi orang lain, dan peduli sosial. Dari beberapa Nilai pendidikan karakter tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa film Guruku ini mengandung nilai pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:46
Last Modified: 24 Aug 2016 02:46
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item