KONTROVERSI ASURANSI [Analisis terhadap Argumentasi Mus}t} afa> Ah}mad az-Zarqa> ' (1907-1999 M) Tentang Pembolehan Asuransi]

Hasanudin, Hasanudin (2015) KONTROVERSI ASURANSI [Analisis terhadap Argumentasi Mus}t} afa> Ah}mad az-Zarqa> ' (1907-1999 M) Tentang Pembolehan Asuransi]. Masters thesis, pascasarjana iain purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS UTUH HASANUDIN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Asuransi merupakan salah satu kontrak yang paling penting dalam kehidupan perekonomian. Asuransi datang di Dunia Islam sekitar abad k-19 M. Terkait dengan hukumnya para ulama kontemporer terbagi menjadi tiga kelompok. Pertama membolehkan secara mutlak, kedua mengharamkan secara mutlak dan yang ketiga menghalalkan asuransi sosial dan mengharamkan asuransi komersial. Salah satu ulama kontemporer yang menghalalkan asuransi secara mutlak adalah Mus}t}afa> Ah}mad az-Zarqa>', seorang ulama terkemuka maz\hab H{anafi> dari Suriah pada masanya. Asuransi menurut az-Zarqa>' dapat disahkan menurut hukum Islam. Sedangkan sebagian besar ulama kontemporer mengharamkan asuransi karena mengandung penipuan, riba dan sebagainya. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang argumen az- Zarqa>' dalam pembolehan asuransi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research di mana peneliti meneliti sumber-sumber tertulis yang memuat pemikiran Mus}t}afa> Ah}mad az- Zarqa>' terkait argumen yang diajukannya mengenai asuransi. Data-data diambil dari karya az-Zarqa>' baik secara langsung maupun tidak langsung yang memuat pemikiran dan argumennya terkait masalah tersebut. Perangkat analisis yang dipakai adalah deskriptif dengan pendekatan normatif. Ijtihad bi ar-Ra’y adalah Pengarahan akal dan pemikiran dengan satu atau beberapa media yang dapat mengantarkan kepada petunjuk (Allah) dalam menggali hukum ( istinba>t } ) terhadap sesuatu yang tidak ada ketentuannya dalam nas}s }. Sedangkan metode yang digunakan dalam ijtihad bi ar-ra’y kaitanya dengan hukum asuransi paling tidak ada tiga. Yaitu metode istis}h}a>bi>, ta'li>li>, istis}la>h}i> . Adapuan hasil temuan dari penelitian ini adalah dalam prespektif teori hukum Islam argumen-argumen az-Zarqa>' dapat dibenarkan. Teori hukum Islam yang dipakai az-Zarqa>' dalam mengupas asuransi adalah teori ijtihad bi ar-ra’y dengan metode istis}h}a>bi> dan ta'li>li> . Dengan metode istis}h}a>bi> az-Zarqa>' memandang bahwa asuransi merupakan akad baru yang belum ada dalam fikih Islam di mana setiap muslim diperbolehkan membuat akad baru yang belum ada sebelumnya selama tidak ada dalil yang melarangnya. Sedangkan dengan metode ta'li>li> az-Zarqa>' menganalogikan asuransi dengan akad-akad yang sudah ada dalam fikih Islam. Di antaranya adalah akad muwa>la>h dalam maz\hab H{anafi>, d}ama>n Khat}r at}-T{ari>q dalam maz\hab H{anafi> , al-Iltiza>m wa al-Wa’d al-Mulzim dalam maz\hab Ma>liki> , ‘a>qilah. Kata kunci: Argumen, Mus}t}afa> az-Zarqa>', asuransi, hukum Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Argumen, Mustafa az-Zarqa', asuransi, hukum Islam.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Pascasarjana > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Hanik Nurdiana Sabita
Date Deposited: 12 Oct 2016 03:29
Last Modified: 28 Nov 2016 02:34
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item