PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAJENANG KABUPATEN CILACAP

VENI RAHAYU, NIM : 1223301171 (2016) PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
VENI RAHAYU_PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAJENANG KABUPATE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari perhatian penulis terhadap perilaku pelajar masa kini yang terkadang tidak memperhatikan aturan agama seperti berbicara kepada orang yang lebih tua secara tidak sopan, berkata kotor dan juga pergaulan mereka yang kurang baik. Pelajaran agama Islam di madrasah yang di dapat oleh sebagian siswa hanya sampai pada aspek kognitif saja dan tidak menyentuh aspek afektifnya. Sehingga madrasah sebagai lembaga pendidikan melakukan upaya pengembangan dari pendidikan agama Islam melalui pembinaan karakter religius untuk membentuk karakter yang religius pada siswa supaya di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan masukan dan menyempurnakan pelaksanaan pembinaan karakter religius ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan pelaksanaan pembinaan karakter religius di MAN Majenang Kabupaten Cilacap. Maksud dari judul penelitiaan ini adalah penelitian tentang usaha,tindakan, dan kegiatan dalam membina sikap dan karakter peserta didik untuk membentuk karakter yang berdasarkan pada nilai-nilai keagamaan atau religius yang dilakukan melalui kegiatan pembiasaan dan kedisiplinan dalam beribadah, keteladanan guru-guru, muatan dalam pembelajaran rumpun PAI, serta kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis Iman dan Taqwa. Penelitian ini merupakan penelitin lapangan atau field research, dengan jenis kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina keagamaan, guru dan wali kelas serta peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Teknik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian supaya mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian, sehingga dapat memberikn pemahaman yang semestinya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa bentuk pembinaan karakter religius peserta didik di MAN Majenang Kabupaten Cilacap diantaranya yaitu dengan pembiasaan dan pendisiplinan. Yaitu pembiasaan 3S (Senyum Salam Sapa) setiap pagi untuk menyambut kedatangan siswa, pembiasaan doa bersama melafalkan Asmaul Husna, pembiasaan dan peedisiplinan shalat Dzuhur berjama’ah, anjuran sholat dhuha,kajian An-Nisa, jum’at infaq, PHBI dan pesantren ramdhan. Pembinaan karakter religius yang dilakukan juga terdapat dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran rumpun PAI serta dalam kegiatan ekstrakurikuler berbasis iman dan taqwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Karakter Religius
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:16
Last Modified: 23 Aug 2016 02:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item