PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF NU KALIGIRI KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Titi Shokhifatul, Khoiri (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF NU KALIGIRI KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TITI SHOKHIFATUL KHOIRI_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF NU KALIGIRI KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 20192020.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, masalah yang disajikan tidak hanya masalah-masalah yang dikerjakan secara langsung, namun banyak masalah-masalah yang disajikan merupakan masalah yang tidak bisa dikerjakan secara langsung. Dalam penyelesaian masalah yang tidak biasa ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa. Tinggi rendahnya kemampuan pemecahan masalah ini dipengaruhi berbagai faktor diantaranya faktor kecerdasan yang dimiliki siswa,baik kecerdasan intelegent (IQ) maupun kecerdasan emosional (EQ). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs. Ma’arif NU Kaligiri Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas VII MTs. Ma’arif NU Kaligiri. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket untuk mengukur kecerdasan emosional siswa dan tes untuk mengukur pemecahan masalah matematika siswa. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs. Ma’arif NU Kaligiri. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yaitu sebesar 35,7% , sedangkan 64,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan, Emosional, Kemampuan, Masalah, Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Titi Shokhifatul Khoiri
Date Deposited: 02 Nov 2020 06:33
Last Modified: 02 Nov 2020 06:33
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8533

Actions (login required)

View Item View Item